Bersih Desa, Pemdes Boncah Mahang Lestarikan Budaya Wayang


riaupotenza.com
Penyerahan wayang kepada dalang oleh Camat didampingi Kades Roma Yono dan tokoh masyarakat lainnya.

BATHINSOLAPAN (RPZ) - Sempena memeriahkan bulan Muharram atau tahun baru Islam, Pemerintah Desa Boncah Mahang, Kecamatan Bathin Solapan menggelar bersih desa. Kegiatan tahunan itu dimeriahkan dengan pagelaran budaya jawa berupa wayangan. Ribuan masyarakat tumpah ruang di lapangan bola kaki KM 14 Kulim, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Sabtu (6/10/2018) malam. 

Kepala Desa Boncah Mahang, Roma Yono SIP menjelaskan, ini merupakan budaya yang mesti dilestarikan. Melalui bersih-bersih Desa ini diharapkan dapat membawa perubahan yang positif bagi masyarakat dan Desa Boncah Mahang khususnya. 

"Budaya itu mesti dilestarikan, bulan muharram ini mari kita songsong jadi Desa yang lebih baik lagi," kata Roma. 

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mensukseskan acara. Tak lupa juga ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang mendukung acara. 

Ketua Pelaksana, Nasip menyampaikan hal serupa. Ucapan terima kasih dia haturkan kepada seluruh masyarakat yang mendukung acara tersebut. 

Dikesempatan itu, Camat Bathin Solapan, H Amiruddin mengapresiasi kegaiatan bersih Desa tersebut. Apalagi, momen ini merupakan jarang sekali dilaksanakan. 

"Melalui bersih desa ini, semoga Desa Boncah Mahang dan Kecamatan Bathin Solapan khususnya dapat lebih baik. Baik dalam artian, masyarakatnya, lingkungannya, birokrasi dan sebagainya," kata Camat.

Wayang tersebut sengaja didatangkan Pemdes Boncah Mahang untuk mengisi acara tersebut, dengan Dalang dan Sinden serta grup musik tradisional jawa yang profesional.

Hadir dalam kegiatan itu, anggota DPRD Bengkalis, Samsu Dalimunte dan Rianto, beberapa calon anggota DPRD, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan ribuan masyarakat lainnya. rpz/pan