TK SAZ Gelar Lomba Manasik Haji


riaupotenza.com
Kepala TK SAZ Viona Mayasari SPd tengah memberikan hadiah kepada murid yang menang lomba manasik haji.

PEKANBARU (RPZ) - TK SAZ yang berlokasi di Jalan Budi Daya Ujung Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan melaksanakan lomba manasik haji antar kelas dan dibagi menjadi enam kloter. Kegiatan ini yang diselenggarakan di halaman sekolah beberapa waktu yang lalu.
   
Acara dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Kegiatan diawali dengan rukun haji yang pertama, yakni niat untuk melakukan ibadah haji. 
   
Ribuan siswa yang mengenakan pakaian ihram serba putih, layaknya calon jemaah haji sesungguhnya, mereka tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, dengan didampingi orangtuanya masing-masing dan majelis guru.
   
“Dengan manasik haji yang dilakukan rutin setiap tahun dan sudah menjadi program dari sekolah, bertujuan untuk membentuk karakter anak dengan cara memberikan pengalaman langsung di lapangan,” kata Viona Mayasari SPd selaku Kepala TK SAZ.
    
Dalam manasik haji ini, seluruh siswa diwajibkan melakukan seluruh rangkaian rukun haji. Diantaranya melakukan niat ibadah haji, tawaf mengelilingi kakbah tujuh kali, sai menuju safa dan marwah, wukuf di arafah, melempar jumrah dan tahalul.
   
“Anak-anak kita ajarkan rukun haji, sehingga mereka mendapat pemahaman seperti layaknya menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya,” tambah Viona Mayasari.
    
Viona Mayasari mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan agar siswa mampu mengimplementasi ibadah haji, sehingga muncul niatan dihati untuk dapat melaksanakannya disuatu hari nanti serta memperkenalkan sejak dini tentang syariat-syariat kepada anak.
    
Kedepannya siswa siswi TK SAZ memiliki jiwa dan nilai-nilai keagamaan yang kuat serta dalam pelaksanaan tersebut para siswa bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.(pms)