Bupati Ingin Kerang Rohil ke Manca Negara


riaupotenza.com
Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp melihat berbagai jenis olahan kerang di Kendui Koang.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) — Berangkat dari Kendui Koang yang ditaja Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Bupati Rohil, H Suyatno AMp berharap kerang Rohil yang melimpah ruah ini bisa sampai ke manca negara.

Untuk potensi kerang di Rohil, Suyatno mengaku mulai dari hasil kerang liar, yaitu kerang bulu, sampai potensi kerang tambak nelayan Rohil semakin menggeliat saat ini. Sehingga peran pemerintah dalam hal ini pemerintah melalui Dinas Perikanan melakukan pembinaan terhadap petani kerang.

‘’Dengan adanya kenduri kerang hari ini, kita ingin bahwa bagaimana kerang ini sampai ke manca negara. Bagaimana seperti ada indomie rasa kerang. Makanya kerja sama Indofood sangat diharapkan. Kemarin sudah kita dorong, namun pihak Indofood tidak bisa hadir di Rohil,’’ kata Suyatno.

Dengan adanya kerja sama Indofood dengan nelayan lokal, maka hasil kerang nelayan yang setiap harinya bisa keluar sampai 50 ton perhari ditampung oleh PT Indofood. Sehingga sudah barang tentu mampu mendongkrak perekonomian masyarakat yang bergelut di bidang usaha kerang.

‘’Kerang yang ada di Rohil mereka tampung, petani kerang mampu mendongkrak ekonominya dengan harga yang luar biasa. Untuk itu, harus bersama-sama seluruh elemen membangkitkan hasil laut Rohil ini,’’ ungkapnya.

Disamping dilakukan pembinaan oleh Dinas Perikanan, Suyatno juga berharap seluruh elemen bisa menjaga potensi kerang di Rohil ini bisa menjadi ikon yang luar biasa sehingga mengangkat perekonomian masyarakat. Untuk itu, dengan kondisi perairan Rokan Hilir yang kerap dijadikan lokasi pencurian kerang oleh nelayan luar.

‘’Kita juga harus menjaga. Apalagi ada yang maling kerang, di Panipahan itu terjadi. Orang susah payah turun ke laut enak saja mereka merampas hasil laut kita. Makanya ada aksi penembakan kemarin itu. Untuk antisipasi pertama kita melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian supaya kondisi keamanan di laut tetap terjaga,’’ ungkapnya. iin