Ribuan Masyarakat Banjiri Kendui Koang


riaupotenza.com
Bupati Rohil H Suyatno AMp bersama Wakil Bupati Drs H Jamiludin dan seluruh unsur Forkopimda berlomba membuka kerang dengan satu tangan, secara simbolis dibukanya lomba buka kerang.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) — Ribuan orang masyarakat Bagansiapiapi sekitarnya membanjiri lokasi pusat jajanan seluruh rakyat (Pujasera) Bagansiapiapi dalam rangka makan bersama Kendui Kerang.

Tua maupun muda awalnya masyarakat berbaris mengikuti jalan santai, mulai dari depan kantor BPKAD hingga sampai Pujasera. Tentu saja masih dalam rangka hari jadi Rohil ke 19 tahun yang ditaja oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Rohil.

Tak hanya masyarakat, unsur Forkopimda Rohil mulai dari Kejari Rohil, Kodim 0321 Rohil dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut hadir. Terutama Bupati Rohil H Suyatno dan istri, Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin dan istri.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Muhammad Syah Padri ST menyampaikan, dirinya patut bersyukur kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan diikuti ribuan masyarakat.

‘’Alhamdulillah Kendui Koang yang kita laksanakan meriah. Semua masyarakat keluar untuk mengikuti,’’ kata Padri.

Sementara itu, Ketua GenPI Rohil Jhoni Charles menyebutkan, Kendui Koang merupakan satu langkah awal dari GenPI Rohil yang siap jadi marketing mempromosikan kerang sehingga nilai jual kerang Bagan bisa tinggi.

‘’Potensi hasil kerang di Rokan Hilir sangat besar. Hasil tangkap meningkat dari Sinaboi sampai Panipahan. Maka ini upaya kita untuk mengangkat nilai jual kerang nelayan kita. Bagaimana supaya potensi besar ini terkenal sampai manca negara,’’ ungkapnya.

Bupati Rohil H Suyatno AMp, mengaku kegiatan Kendui Koang kali ini perdana yang dilakukan serta lebih meriah. Ia mengaku kegiatan serupa pernah diadakan namun tidak semeriah tahun ini.

Disebutkannya, Koang atau kerang merupakan hasil laut Rohil asli. Bahkan hasil sampai keluar daerah. Melalui GenPI ini sudah mencoba menarik investor bekerjasama membuat sebuah brand seperti produk mie rasa koang Bagan.

‘’Itu sangat luar biasa, kabarnya Indomie mau bekerjasama membuat sebuah brand dengan nama Indomie rasa koang Bagan,’’ sebutnya.

Lebih lanjut diuraikannya, budidaya kerang sangat menjamur dan sekarang ini perairan laut Rohil sudah penuh dikapling oleh pembudidaya kerang tambak.

‘’Nah, ini satu langkah yang baik bagaimana hasik kerang nelayan Rohil, semakin berkibar dengan hasil budidaya yang mampu menembus brand pasar nasional,’’ tutur Suyatno. iin