Asyiknya, Peserta JFO Diajak Field Trip ke Kebun Coklat Binaan Chevron


riaupotenza.com
Peserta JFO bersama tim Pekanbaru Pos dan Chevron, serta kelompok tani saat berada di perkebunan coklat Desa Pelambaian, Tapung.

KAMPAR (RPZ) - Puncak Jambore Jurnalistik dan Fotografi (JFO) 2018, kerja sama Pekanbaru Pos, SKK Migas-Chevron, UMRI dipusatkan di Desa Pelambaian, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Ahad (23/9/2018) seluruh peserta diajak kunjungan lapangan (field trip) ke kebun coklat binaan PT Chevron.

Peserta bergerak menuju lokasi field sekitar pukul 08.00 wib. Dan, sekitar pukul 09.35 wib rombongan tiba di lokasi, disambut para pengurus dan anggota Kelompok Tani Prima Jaya Tapung. Kelompok tani inilah yang mendapat binaan dari PT Chevron pada 2016 lalu.

Informasi dari pihak Chevron, menyebutkan, petani ini dibina lewat program PRISMA (Promoting Sustainable Integrated Farming, Small Medium Enterprise Cluster and Microfinance Access). Yakni, program investasi sosial pengembangan ekonomi. Program ini didasari pada pemetaan sosial.

Zamri, selaku ketua kelompok tani menjelaskan, ada 30 KK yang tergabung dalam kelompok tani itu. Sebelum dibina Chevron para petani bercocok tanam sebisanya. Setelah mendapat pembinaan, barulah dibentuk kelompok tani, yang sampai saat ini sudah eksis. Seluruh peserta JFO mendapat penjelasan awal, dan seperti tak sabar lagi untuk turun ke kebun coklat. Semua peserta sudah siap dengan perlengkapan jurnalistik, buku, pena dan kamera. Panitia pun membagi peserta menjadi tiga kelompok.

Namun sebelum turun, pihak Chevron yang diwakili oleh Tiva Permata dan Yulia Rintawati dari communication specialist, menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta JFO. Tiva sangat senang bisa bertemu semua peserta, dan berharap akan ada karya tulis dan foto terbaik nanti yang diperoleh di lokasi itu. Sekitar 2 jam, seluruh peserta JFO hunting informasi dan foto di lokasi kebun coklat ini. Nampak seluruh peserta begitu antusias. Ada yang sibuk menanyakan cara berkebun coklat yang baik, dan sebagian lagi sibuk mencari foto terbaik. Karena tulisan dan foto mereka akan dilombakan, dan bagi peserta terbaik 1-5 akan ada hadiah dari panitia JFO. 

Ilmu jurnalistik dan fotografi para peserta JFO ini, diperoleh dari pemateri andal, Muhammad Amin wartawan senior Riau Pos dan Ahmad Widi fotografer ternama di Riau. Dari M Amin peserta diajarkan bagaimana menulis berita, feature dan karya ilmiah populer. Sedangkan dari Widi, diberiian ilmu fotografi dan teknik-teknik pengambilan foto untuk media massa. Bekal ilmu inilah para peserta turun ke lapangan, dan siap untuk menghasilkan tulisan juga foto terbaik.

Lebih Dekat dengan Program PRISMA

Selain PRISMA, PT CPI juga mendukung masyarakat di sekitar area operasi melalui kegiatan pengembangan masyarakat dengan fokus pada pendidikan, kesehatan, 
lingkungan, rehabilitasi bencana, serta budaya dan infrastruktur.

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas, atau disingkat SKK Migas.

Khusus untuk PRISMA, tujuan utama program adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja, peningkatan kondisi sumber daya alam dan lingkungan, dan peningkatan sumber daya manusia. Ruang lingkup sektor program meliputi pertanian, perkebunan, peternakan, wirausaha, keuangan mikro, air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat, serta pusat pelayanan usaha kecil.

Sejak diluncurkan pada Januari 2015 hingga Desember 2017, program PRISMA di Riau telah berhasil menjangkau hampir 2.200 petani dan pelaku usaha mikro secara langsung dari 41 kelompok yang tergabung dalam 21 induk kelompok binaan. Dari seluruh penerima manfaat program PRISMA, pada bulan Juni 2017 tercatat 77 persen kelompok menunjukkan adanya peningkatan kinerja usaha.uli