Teluk Meranti Batal Jadi Tuan Rumah MTQ, Ini Penyebabnya


riaupotenza.com
Kakan Kemenag Pelalawan H Muhammad Rais bersama Asisten Administrasi Pemerintahan Drs H Zuhelmi MSi saat rapat MTQ tingkat kabupaten Pelalawan.

PANGKALANKERINCI (RPZ) - Kecamatan Teluk Meranti yang sebelumnya didapuk menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Pelalawan yang XVIII tahun 2018 batal. Karena di Teluk Meranti batal. Bukan pihak Kecamatan Teluk Meranti tidak siap, tapi penyebabnya, pasang sungai dan musim hujan yang menghadang. Maka pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten diputuskan pindah ke ibu kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci.

‘’Awalnya MTQ tingkat Kabupaten Pelalawan tahun ini  di Kecamatan  Teluk Meranti. Tetapi, karena kendala air  pasang dan musim hujan maka dipindah ke Pangkalan Kerinci,’’jelas Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan, H Muhammad Rais MPdI, Jumat (4/9/2018).

Keputusan memindahkan lokasi MTQ tingkat kabupaten itu lanjut Kakan Kemenag Pelalawan berdasarkan persiapan yang dilaksanakan bersama Asisten Administrasi Bidang Pemerintahan, Drs H Zulhelmi MSi, Kabag Kesra Setkab Pelalawan, H Akmamul Hadi SSos juga KUA di Kantor Bupati Pelalawan sehari sebelumnya.

‘’Keputusan mengalihkan lokasi tuan rumah dari Teluk Meranti ke Pangkalan Kerinci ini merupakan keputusan bersama setelah rapat bersama Asisten dan Kabag Kesra serta KUA di Kantor Bupati,’’ ujarnya.

Muhammad Rais yang juga Ketua Ikatakan Masjid Indonesia (IKMI) Kabupaten Pelalawan menyebutkan, pada bulann Oktober yang lazimnya terjadi pasang sungai yang besar yang mengakibatkan Kelurahan Teluk Meranti yang sebelumnya ditetapkan sebagai tuan rumah akan kebanjiran. Belum lagi, pada bulan yang sama juga biasanya terjadi musim penghujan.

‘’Jadi itu alasannya,’’ papar Kakan Kemenag Pelalawan sambil menambahkan MTQ tingkat Kabupaten Pelalawan ke XVIII diperkirakan berlangsung mulai 23 Oktober 2018 mendatang.

Asisten Administrasi Bidang Pemerintahan Setdakab Pelalawan, Drs H Zulhelmi MSi menyebutkan, terkait putusan final dialihkannya lokasi MTQ tingkat Kabupaten Pelalawan ke Pangkalan Kerinci dapat segera mempersiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan nantinya dapat berjalan lancar.

Mantan Camat Bunut ini menambahkan, bahwa dalam MTQ kali ini, ada tujuh cabang yang diperlombakan yakni Tartil, Tilawah anak-anak, Syarhil Remaja dan Fahmil dan Tahfiz 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz. Selain itu disebutkan, pada MTQ  tingkat Kabupaten Pelalawan ke XVII tahun 2018, pihaknya membolehkan membawa peserta dari luar, asalkan masih masuk di Provinsi Riau.

‘’Utusan kecamatan dibolehkan membawa peserta dari luar, asal masih dalam Provinsi Riau. Hal ini merupakan keputusan LPTQ Provinsi Riau. Sebelum pelaksanaan dimulai, kita mengimbau kepada seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan untuk lebih mematangkan persiapan mereka,’’ harap Zulhelmi.

Ditambahkan, bahwa pihaknya berharap agar pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten Pelalawan ini nantinya dapat berjalan sukses dan lancar, sehingga dapat melahirkan bibit baru untuk mengharumkan nama Kabupaten Pelalawan ditingkat Provinsi Riau maupun tingkat nasional.

Dari LPTQ sambungnya, akan terus secara kontinyu melakukan pembinaan dan mencari bibit baru untuk mencari Qori dan qoriah, guna mengharumkan nama Kabupaten Pelalawan ditingkat Provinsi Riau maupun tingkat Nasional.

‘’Sedangkan target kita pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi tahun 2018 ini, dapat meraih prestasi gemilang dengan target peringkat juara I atau seminim-minimnya masuk tiga besar,’’ pungkasnya.amr