KPU Apresiasi Kinerja Bawaslu

30,58 Persen Pemilih Ganda Inhil Dihapus


riaupotenza.com
Ketua Bawaslu Inhil M Dong saat mendatangi rumah warga guna mengecek data pemilih ganda di Tembilahan, Rabu (12/9).

TEMBILAHAN (RPZ) - Sebanyak 3.588 data pemilih ganda ditemukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir, jelang perhelatan Pileg dan Pilpres 2019. Jumlah pemilih ganda tersebut tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir. 

Terkait hal tersebut, Rabu (12/9) kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir melalui Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutan Suara (PPS) melakukan verifikasi faktual pemilih ganda bersama Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir.
    
Ketua Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir, M Dong SP saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya turut melakukan verifikasi faktual bersama KPU di lima kecamatan yaitu di Kecamatan Tembilahan, Tembilahan Hulu, Tempuling, Kempas dan Batang Tuaka.
  
“Setelah kita lakukan verifikasi faktual semalam, pada saat rapat pleno hari ini dari 3.588 pemilih ganda yang kita laporkan KPU telah menghapus sebanyak 1.097. Artinya sudah ada 30,58 persen yang dihapus, sisanya masih akan dicermati,” ungkap M Dong, Kamis (13/9).
   
M Dong menyarankan jika nantinya berdasarkan hasil pencermatan terhadap sisa jumlah pemilih ganda tersebut ada ditemukan lagi pemilih ganda maka KPU harus menandainya sehingga pada hari H pemilih ganda tersebut hanya menerima 1 C6.
    
M Dong juga meminta masyarakat untuk ikut membantu KPU dengan cara mengecek namanya masing-masing pada DPT yang sudah diumumkan oleh KPU. “Sebab perhelatan Pemilu ini adalaha hajatan kita semua, untuk itu masri kita bersama-sama mensukseskannya,” tutupnya.
  
Sementara itu, Ketua KPU Inhil H Nahrawi menyatakan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kinerja Bawaslu Inhil dalam memverifikasi data pemilih ganda sehingga berhasil dilakukan penghapusan hingga mencapai di angka 30 persen itu.     
      
‘’Kami dari KPU Inhil apresiasi terhadap Bawaslu Kabupaten Inhil sehingga DPT tingkat kabupaten bisa disempurnakan lebih baik dalam waktu yang singkat ini,” kata Nahrawi seraya mengatakan, pemilu tahun 2019 ini akan lebih baik dari sebelumnya hal ini dibuktikan  proses yang sudah berjalan secara transparan. zal