Soal Pemilu Damai 2019, Ini Kata Wako Dumai


riaupotenza.com
Walikota Dumai H Zulkifli AS foto bersama dengan Komisioner KPU dan utusan Partai Peserta Pemilu dan Forkopimda usai acara Deklarasi Pemilu Damai.

DUMAI (RPZ) - Walikota Dumai H Zulkifli AS memimpin pembacaan Deklarasi Pemilu Damai yang ditaja oleh KPU Dumai. Pembacaan Deklarasi Pemilu Damai yang dipusatkan dihalaman eks Kantor Walikota Dumai ini diikuti oleh seluruh peserta Pemilu tahun 2019.

Adapun 5 poin isi Deklarasi Damai yang dibacakan oleh Walikota Dumai ini yakni masing-masing calon Legislatif kota Dumai pada Pemilu 2019 siap melaksanakan Pemilu 2019 secara jujur, adil, santun, bermaftabat, persaudaraan dan kebersamaan. Siap bekerjasama dengan menyelenggarakan Pemilu dan Pengawasan Pemilu 2019 di Kota Dumai untuk tidak mengangkat Isu yang berbau Sara, Hoak dan Politik uang. 

Selanjutnya, bersama Polri dan aparat TNI siap untuk menjaga siatuasi Kamtibmas yang kondusif, aman dan Damai serta dapat mengendalikan massa pendukung masing-masing dan mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat hukum sesuai dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan, Masing-masing calon dapat menerima hasil Pleno Penyelenggaraan Pemiku 2019 di Kota Dumai sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan Siap untuk dipilih dan siap untuk tidak terpilih dalam Pemilu 2019 dan siap mendukung Pilres yang terpilih melalui proses Pemilu yang demokratis dan transparan. 

Deklarasi ini dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dumai Darwis, Forkompimda Kota Dumai, Komisioner KPU, Edi Indra selaku Ketua Divisi Hukum Teknis Penyelengaraan, Komisioner KPU Kurnia Ningsih Ketua Divisi Logistik dan Keuangan, Ketua Parpol dan Bacaleg dari Masing Masing Parpol Sekota Dumai, kepala Badan dan Dinas Sekota Dumai, PPK Sekota Dumai, Staf KPU Kota Dumai, Camat, Lurah dan RT Sekota Dumai,  Perwakilan dari FPI Kota Dumai, Perwakilan dari KNPI Kota Dumai, dengan jumlah keseluruhan yang hadir sekitar 400 orang. 

Walikota Dumai, H Zulkifli AS mengatakan, pemilu tahun 2019 merupakan salah satu perhelatan pesta demokrasi yang istimewa. Dikatakan demikian karena pada tahun depan akan digelar Pemilu serentak di seluruh Indonesia guna memilih Presiden dan Wakil Presiden. Demikian pula tidak ketinggalan dengan kita di Kota Dumai ini. 

''Pengalaman mengajarkan dan Alhamdulillah setiap perhelatan pemilu, baik pemilu yang memilih anggota legislatif disemua tingkatan maupun Pilkada dan pemilihan umum yang diselenggarakan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden dapat berjalan dengan baik dalam suasana yang kondusif dengan tingkat partisipasi pemnilih yang baik. Kita juga tidak melihat adanya gesekan-gesekan disana sini selama tahapan-tahapan pemilu tersebut; mulai dari tahapan kampanye, pencoblosan, hingga penentuan pemenang. Hal ini patut kita syukuri bersama,'' ujar Zulkifli AS.

Zul AS menambahkan, bila dilihat pula dalam media informasi, aktifitas dukung-mendukung ini, salah satunya dengan adanya perang tagar antara kedua pendukung, jika tidak diantisipasi dengan baik, bisa saja pada saat penyelenggaraan pemilihan umum nanti akan mengeruskan suasanan yang seharusnya kondusif. 

Dalam kesempatan tersebut Walikota Dumai menghimbau, untuk menciptakan pemilu yang damai dan nantinya untuk mentaati semua ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memegang teguh moral dan etika yang bersumber pada nilai-nilai Pancasila, budaya bangsa dan agama, mengutamakan kepentingan umum serta menghormati hak-hak azasi manusia.mdi