Bebas Tong Sampah Pertama di Riau 

SDN 37 Terapkan Sekolah Lingkungan


riaupotenza.com
MENDUKUNG-Murid SDN 37 Pekanbaru mendukung penuh program kepala sekolah bebas tong sampah.

PEKANBARU (RPZ) — Dukung penerapan sekolah lingkungan, SD Negeri 37 Pekanbaru yang beralamat di Jalan Garuda Sakti Tampan, terapkan sekolah bebas tong sampah kepada para peserta didik, guru dan wali murid.

Kegiatan ini sangat efektif karena secara langsung mengajarkan siswa untuk peduli terhadap lingkungan dengan, cara mengutip sampah dan dimasukkan ke dalam kantong plastik yang sudah disiapkan.

Kepala SD Negeri 37 Pekanbaru, Gimin Ahmat menegaskan, seluruh peserta didik dan guru yang ada di sekolah diwajibkan membawa kantong plastik untuk tempat sampah dari konsumsi jajanan di sekolah. 

Selain itu, para peserta didik juga secara tidak langsung tergerak untuk mengutip sampah yang ada di halaman sekolah dengan kantong plastik yang sudah dibawa masing-masing. 

‘’Hal ini dinilai sangat efektif dibandingkan harus melibatkan piket kelas maupun petugas kebersihan dalam menjaga kebersihan di sekolah,’’ ungkapnya kepada riaupotenza.com, Rabu (12/9).

Ia mengatakan, percobaan membuat program baru tersebut di SDN 37 Pekanbaru ternyata telah  diikuti oleh SDN 136 Pekanbaru.

‘’Di sini anak-anak kita diberikan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, membuang sampah dari yang mereka makan. Sampah tersebut dibuang saat pulang di tempat penampungan akhir yang sudah disiapkan oleh sekolah,’’ jelasnya.

Tempat sampah yang disediakan katanyA ada tiga jenis. Sampah plastik, sampah daun dan sampah kertas.

Penerapan kantong plastik untuk seluruh peserta didik dan guru di sekolah adalah penerapan pertama yang dilakukan di Riau dalam menjaga lingkungan sekolah tetap bersih. ‘’Semoga program ini juga diterapkan oleh sekolah-sekolah lain dalam penanganan sampah di lingkungan sekolah,’’ harapnya.(pms)