Ustaz Abdul Somad Tabligh Akbar di Dusun Kobun Desa Limau Manis


riaupotenza.com
UAS saat ceramah di Masjid Darul Jannah Kampar.

KAMPAR (RPZ) - Kali kedua Ustaz Abdul Somad (UAS) hadir di Masjid Darul Jannah, Dusun Kobun Desa Limau Manis Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Senin (27/8/2018) malam. 

Hanya saja, tabligh akbar kedua ini diikuti oleh lebih banyak jamaah. Tak hanya dari desa setempat, tapi warga dari beberapa desa sekitar juga hadir. Ruangan dalam masjid penuh, bahkan sampai ke teras masjid. Ratusan jamaah ini khusuk mengikuti pengajian UAS.

Pengajian ini dimulai bakda Magrib berjamaah. Diawali dengan sambutan pengurus masjid dan tokoh masyarakat. Saat memulai ceramah suasana hening dan seluruh jamaah fokus ke pengajian. Masuk waktu salat Isya, pengajian dihentikan sementara dan dilanjutkan lagi bakda Isya.

Di sesi awal, bakda Magrib, UAS  mengupas tentang amalan baik manusia semasa hidup. "Ada 3 amalan, yakni amalan niat, amalan harta dan amalan perbuatan. Dari 3 amalan ini hanya amalan harta yang balasannya langsung diterima sebelum sampai ke padang mahsyar. Bahkan ketika ditanya mayat di dalam kubur, amalan apa yang akan engkau lakukan, jika dihidupkan ke bumi lagi, maka akan dijawabnya sadaqah," jelasnya.

UAS juga mengingatkan pentingnya amalan harta, berupa sodaqotun jariah. Semua yang dimiliki di dunia ini akan tinggal, tapi kalau sadaqah akan diterima terus dan mengalir terus pahalanya.

Sedangkan di sesi kedua, bakda Isya, UAS menjawab pertanyaan dari jamaah. Sesekali jawaban dari UAS membuat jamaah tertawa. Dan, dari pertanyaan yang ada, semuanya terjawab tuntas oleh UAS. 

Satu di antara tanya jamaah, adalah soal qunut saat salat Subuh. Dijelaskan UAS, ada 4 imam yang diikuti, yakni Syafii, Maliki, Hambali dan Hanafi. Di antara 4 imam ini, 2 di antaranya kalau Subuh berqunut, yakni Imam Syafii dan Maliki. Sedangkan dua imam lagi tak pakai qunut. 

"Kenapa Ustaz Somad pakai qunut? Karena ambo mengikut Imam Syafii. Silahkan diamalkan sesuai keyakinan dan ilmu yang didapatkan. Yang tak boleh tu kalau tak salat Subuh," ujarnya. 

Tabligh akbar ini diakhiri sekitar pukul 20.35 Wib. Dipandu UAS semua jamaah yang hadir mengaminkan doa yang dibacakannya. Majelis berakhir dengan suasana nyaman dan damai. rpz