Iven Pacu Jalur Tinggal Beberapa Hari Lagi, Sumbangan Swasta Baru 75 Persen


riaupotenza.com
Iven nasional pacu jalur.

KUANSING (RPZ) - Mendanai pacu jalur iven nasional, selain mengandalkan uang APBD, Panpel juga meminta sumbangan dari perusahan perkebunan dan pertambangan yang berada di wilayah Pemkab Kuansing.

Koordinator Seksi Penggalangan Dana Panpel Pacu Jalur, Wariman mengatakan, dari sejumlah perusahaan di Kuansing yang dimintai sumbangan sekitar 75 persen membantu.

"Bantuan sudah 75 persenlah cair. Saat ini sudah masuk rekening panitia. Sudah berapa? belum saya cek," kata Wariman hari ini.

Ia mengaku bahwa masih ada beberapa perusahaan yang belum memberikan sumbangan. Namun ia tak mau merinci nama-nama perusahaan yang belum memberikan sumbangan.

"Ada datanya itu, saya lupa. Yang sudah salah satunya RAPP yang kemarin langsung diterima pak Sekda," katanya.

Wariman berharap perusahaan yang belum memberikan sumbangan agar segera mentransfer ke rekening Panpel Pacu Jalur. Pasalnya, iven nasional tersebut hanya tinggal menghitung hari lagi.

"Kita minta sebelum iven pacu jalur bergulir harus sudah masuk ke rekening Panpel. Kita harap perusahaan ikut andil membantu suksesnya iven ini," harapnya.

Ketika ditanya apakah dananya sudah mencukupi, Wariman menjawab, saat ini belum dihitung secara menyeluruh. Pasalnya, kadang proses transfer dari perusahaan itu yang juga perlu waktu lama.

"Tahun ini pacu jalur butuh Rp2,3 miliar. Kita berharap dana yang ada cukup. Jangan seperti kemarin, kekurangan dana," katanya.

Sebelumnya, Sekda Kuansing Dianto Mampanini menerima bantuan uang tunai sebesar Rp300 juta dari manajemen PTRAPP untuk Pelaksanaan Festival Pacu Jalur.

Dukungan dana untuk kegiatan pacu jalur kata Wariman, sebagai bentuk pelestarian budaya leluhur nenek moyang rantau Kuantan ini dapat di tingkatkan lagi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada perusahaan atas dukungannya, ini merupakan kepedulian perusahaan terhadap pelestarian budaya masyarakat Kuansing," katanya.cil