Sejumlah Kepala OPD Galau, Ada Apa


riaupotenza.com
Dianto M

KUANSING (RPZ) - Isu mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing sudah bergulir dua bulan terakhir. Bail mutasi pejabat eselon IV, III, hingga eselon II.

Kabar mutasi tersebut membuat sejumlah pejabat galau. Apalagi para pejabat eselon II yang kinerjanya tidak sesuai ekspektasi pimpinan atau berkinerja buruk. Tentu isu mutasi tersebut membuat pejabat yang bersangkutan tak lagi mempunyai semangat kerja.

Bahkan sebelumnya, sejumlah anggota DPRD Kuansing menyoroti tentang rencana mutasi yang akan dilakukan Pemkab Kuansing. Salah satunya, Rosi Atali anggota DPRD Kuansing. 

Ia menegaskan agar bupati segera melakukan mutasi bagi kepala OPD yang kinerjanya buruk hasil job fit yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. "Mutasi segera kepala OPD berkinerja buruk. Tentu pejabat seperti ini akan mempengaruhi jalannya pemerintahan kedepan," katanya.

Sementara Sekdakab Kuansing, Dr Dianto Mampanini mengungkapkan, kinerja ASN tidak boleh turun atau kendur tersebab oleh apapun. Apa lagi katanya, disebab oleh adanya isu mutasi, bail eselon IV, III dan eselon II.

"Perlu saya jelaskan bahwa baik saya maupun pak bupati maupun pak wabup belum pernah berbicara soal mutasi baik terhadap hasil job fit maupun ASN lainnya," katanya.

Oleh karena itu, ia minta setiap kepala OPD dan ASN tetaplah fokus bekerja dan tingkatkan kinerja serta disiplin serta biarlah pimpinan yang menilai. "Penilaian pimpinan itu berdasarkan kinerja yang kita miliki," ungkap Sekda saat inspeksi mendadak ke Dinas Kesehatan beberapa waktu lalu.

Kedatangan Sekda guna mengecek tingkat kehadiran dan kedisiplinan pegawai pada instansi tersebut. Sekda langsung mengumpulkan seluruh pegawai dan menggelar pertemuan di aula kantor tersebut. 

"Menyikapi perkembangan terakhir  dimana kinerja ASN sedang mendapatkan sorotan dari masyarakat. Termasuk soal kedisiplinan. Karenanya saya melakukan sidak seraya sekalian juga silaturahmi kesini," ujar Sekda.cil