Desa Tanjung Simandolak Panen Perdana IP200


riaupotenza.com
Plt Kadistan Kuansing Wariman (baju putih) dan Kades Tanjung Simabdolak Robinson Saswe (baju merah) beserta petani melakukan panen perdana IP 200, Sabtu (25/8/20018).

KUANSING (RPZ) -- Para petani yang tergabung dalam gabungan kelompok petani (Gapoktan) Harapan Bunga Tanjung Kecamatan Benai bersama Dinas Pertanian Kabupaten Kuansing melakukan panen perdana IP 200 di Desa Tanjung Simandolak, Sabtu (25/8/2018). Sekitar 20 hektar lebih IP 200 yang dilakukan panen perdana. Sedangkan hasil ubinanya mencapai 4 ton perhektar.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuansing, Wariman mengatakan, perdana IP 200 ini merupakan upaya mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Kuansing khususnya di Desa Tanjung Simandolak.

“Alhamdullilah, panen IP 200 mencapai 20 Ha. Selanjutnya lahan akan ditanam varietas padi lainnya oleh petani," katanya.

Menurutnya, dengan jumlah kepala keluarga (KK) di Desa Tanjung, panen IP200 kali ini sudah sangat mencukupi atau swasembada pangan. Jika panen perdana IP200 ini sesuai harapan, kedepan program ini akan menjadi pilot project penggunaan dana desa di Kuansing.

"Jadi tujuan dana desa itu untuk kemakmuran masyarakat. Jadi jangan hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur saja," katanya.

Dana desa katanya, bisa digunakan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dengan meningkatkan potensi desa, salah satunya di bidang pertanian.

Dalam kesempatan panen raya tersebut, Wariman mengajak petani untuk bersama–sama menyukseskan upaya peningkatan produksi padi di Kabupaten Kuansing. Salah satunya melalui kegiatan gerakan tanam serentak, apalagi Kuansing sudah banyak dibantu oleh Kementrian Pertanian.

Sementara Kades Tanjung Simandolak Robinson Saswe mengatakan program IP200 ini merupakan kali pertama dilakukan Gapoktan Harapan Bunga Tanjung. Sebelumnya, para petani belajar ke Bukittinggi, Sumatera Barat terkait program tersebut.

"Ada sekitar 20 hektar. Alhamdulillah, hari ini kita panen perdana dengan instansi terkait," katanya.

Program ini katanya, dibiayai oleh dana desa yang tujuannya mewujudkan swasembada pangan di Desa Tanjung Simandolak. Jika program ini berhasil, maka kedepan program IP200 ini akan terus dikembangkan.

Dalam panen perdana tersebut, hadir Plt Kepala Dinas Pertanian Wariman, Kabid PMD Dinas Sosial Nafisman, Kades Tanjung Simandolak Robinson Saswe berserta perangkat, BPD, PPL Distan Syafri Lubis dan para petani Desa Tanjung Simandolak.cil