Sore Ini Pengganti Idrus Marham Dilantik

Agus Gumiwang Gantikan Idrus Marham?


riaupotenza.com

JAKARTA (RPZ) -- Ketua Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang dikabarkan ditunjuk menjadi Menteri Sosial, menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri terkait kasusnya di Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat, 24 Agustus 2018.

"AGK (pengganti Idrus)," ujar sumber, merujuk pada nama Agus Gumiwang Kartasasmita. Idrus yang dikonfirmasi memang berharap agar yang menggantikannya adalah dari kader Golkar, di mana ia berasal. Hanya ia mengaku tidak mengetahui siapa yang dipilih Presiden Jokowi.

Sementara itu, Ketua DPR yang juga elite Partai Golkar Bambang Soesatyo membenarkan bahwa pengganti Idrus adalah Agus Gumiwang.

"Ya confirm. Barusan saya telpon ketua umum. Semoga tidak ada perubahan," kata politikus yang akrab disapa Bamsoet tersebut.

Agus Gumiwang memang sebelumnya sempat mencuat saat Khofifah Indar Parawansa mundur sebagai Mensos. Namun ternyata yang dipilih adalah Idrus.

Nama Agus, juga sempat mencuat untuk posisi ketua DPR. Hanya saja, yang dipilih adalah Bambang Soesatyo. Kabarnya, pengunduran diri Idrus ini terkait akan ditetapkannya sebagai tersangka suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. Idrus sudah tiga kali diperiksa dalam perkara ini.

Meski demikian, JK mengaku sama sekali belum mendengar kabar yang sudah ramai beredar di kalangan wartawan itu. JK sendiri sebelumnya baru saja bersama-sama Idrus meninjau penanganan gempa bumi di Lombok pekan ini.

"Belum dengar saya. Kita sama-sama kemarin pergi ke Lombok, saya belum dengar perkembangannya. Sayang juga," ujar JK.

Sore Ini Pengganti Idrus Marham Dilantik
Idrus Marham mundur dari Menteri Sosial. Surat sudah diajukan ke Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Pengumunan mundurnya Idrus disampaikan pada Jumat siang, 24 Agustus 2018. Saat ini juga kabarnya akan dilantik pengganti Idrus.

"Mohon disiapkan liputan Sertijab Mensos sore ini jam 15.00 di Istana. Thanks, suwun," bunyi pesan singkat dari pihak Kantor Staf Presiden.

Idrus juga mengaku lebih baik kalau penggantinya dilantik lebih cepat. Namun ia tidak memahami, siapa yang dijadikan menteri sosial menggantikannya.

Ia juga mengaku tidak diminta masukannya oleh Presiden Jokowi. Hanya saja, ia berharap penggantinya dari Golkar. "Ya iya lah (penggantinya dari Golkar)," kata Idrus.

Namun, ia menyerahkan sepenuhnya ke Jokowi. Karena yang paling memahami kebutuhan ke depannya. Mengingat, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan sebagai menteri sosial. "Presiden juga tahu bagaimana ke depannya," kata Idrus. (rpz/viva)