Ada Peristiwa Aneh di Danau Toba, Jutaan Ikan Mendadak Mati


riaupotenza.com

TOBA (RPZ) – Peristiwa aneh terjadi di perairan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Jutaan ekor ikan mendadak mati.

Menurut Natael, salah seorang peternak ikan keramba, jutaan ekor mendadak mati tanpa diketahui sebabnya. Peristiwa ini berlangsung dalam dua hari terakhir. "Ditemukan sudah mati mengambang di dalam jaring keramba," kata Natael, Kamis, 23 Agustus 2018.

Jutaan ekor ikan yang mati mendadak berjenis ikan nila, mujair dan ikan mas. Bangkai-bangkai ikan terlihat memenuhi ratusan jaring keramba yang dipasang di perairan Danau Toba.

Natael mengatakan, tak hanya ikan yang diternak di dalam keramba saja yang mati. Tapi juga ikan-ikan yang hidup langsung dalam danau vulkanik purba itu.

"Setiap hari jumlahnya semakin bertambah. Kerugiaannya bisa miliaran," ujar peternak ikan asal Kelurahan Pintu Sona, Kecamatan Pangururan ini.

Yang paling menyakitkan dari peristiwa ini ialah, jutaan ikan itu mendadak mati sebelum dipanen. Padahal usia ikan sudah masuk siap panen.

Terkait kejadian aneh ini, Bupati Somosir, Rapidin Simbolon, mengerahkan anak buahnya untuk membantu peternak ikan untuk mengevakuasi bangkai-bangkai ikan dan menguburkannya.

"Kalau bangkai ikan dibiarkan maka akan mencemari lingkungan, karena itu kita langsung bertindak," kata Rapidin. (rpz/via)