Sepuluh TK Dinilai Pemko Dumai, Untuk Apa


riaupotenza.com
Tim Penilai dipimpin oleh Kabid Promkes Dinkes Dumai Martalena bersama anggota foto bersama dengan Kepala Sekolah ( baju Melayu Orange) usai penialaian PHBS di TK Asnur jalan Bintan Kecamatan Dumai Kota.

DUMAI (RPZ) - Taman Kanak-Kanak (TK) yang merupakan usulan dari masing-masing sepuluh Puskesmas yang ada di Kota Dumai sudah dinilai. Hal ini dilakukan Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan Kota Dumai sempena lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

''Kami sudah turun dan melakukan penilaian PHBS disekolah Taman kanak-Kanak sesuai usulan  disetiap wilayah kerja Puskesmas yang jumlahnya ada 10,'' kata Kadis Kesehatan Kota Dumai melalui Bidang Promkes Martalena, Jumat (10/8/2018), usai melakukan penilaian di TK Asnur Jalan Bintan Kecamatan Dumai Kota.

Penilaian PHBS ini tidak hanya sekadar menilai, tetapi bagaimana guru TK juga dapat mengaplikasikan PHBS ini sedini mungkin kepada anak anak yang ada di TK. Selain itu, dapat memberikan pemahaman kepada anak anak dengan gerakan masyarakat hidup sehat dengan gemar makan sayur dan buah.

Kabid Promkes Dinkes kota Dumai Martalena menjelaskan, Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekan pembelajaran yang menjadikan individu, keluarga atau kelompok dapat menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan dan berperan aktif atas dasar kesadaran sebagai hasil dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat.

Selain itu katanya, Sabun dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman. Nah, apabila mencuci tangan tanpa sabun, kotoran dan kuman masih tertinggal ditangan. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat. Bila membuang air kecil atau air besar harus di jamban,untuk mencegah penularan penyakit, karena tinja dan urine mengandung kuman penyakit. Menyiram dengan bersih setelah buang air besar atau air kecil. 

Sementara itu, Kepala TK Asnur Asnidar usai penilaian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puskesmas Dumai Kota atas kepercayaan kepada TK Asnur pada lomba PBHS Tingkat Kota Dumai. mdi