Sedang Belanja, Rumah Ludes Terbakar


riaupotenza.com
Terlihat satu unit rumah berukuran 5 x 7 meter terbuat dari papan milik korban, Nurhayati (42) habis dilalap sijago merah.

KUBU (RPZ) - Kebakaran rumah terjadi di Jalan Utama RT 02, RW 003, Dusun Suangai Lilin, Kepenghuluan Teluk Piyai, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (8/8) sekitar pukul 10.30 WIB. Api menghanguskan rumah panggung berukuran 5x7 meter terbuat dari papan milik korban Nurhayati (42).

Akibat insiden itu membuat surat-surat penting berupa ijazah SD atas nama Hasan Basri, KTP milik korban, STNK sepedamotor, mesin pompa air merk Robin dan perabotan rumah lainnya tak terselamatkan.

Warga yang mengetahui kebakaran itu secara langsung berteriak meminta pertolongan warga lainnya untuk melakukan pemadaman api yang sudah menyelimuti bangunan rumah itu. Angin yang begitu kencang menbuat warga kesulitan dalam melakukan pemadaman, dengan hitungan jam rumah panggung terserbut seketika rata dengan tanah.

Saat kebakaran pemilik rumah sedang berada di luar rumah, dengan tujuan berbelanja di Pasar Pekan Pelita, Kepenghuluan Rantau Panjang Kiri, Kecamatan Kubu Babussalam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja korban mengalami kerugian materi mencapai Rp 70 jutaan.

Hingga saat ini aparat Kepolisian masih saja melakukan penyelidikan, terkait kebarakan tersebut dan belum bisa memberikan informasi penyebab kebakaran.

“Saat kebaran ini terjadi, pemilik rumah sedang berbelanja di Pasar Pekan Pelita dan kita masih melakukan penyelidikan terkait kasus kebaran rumah ini,” kata Kapolsek Kubu AKP Syofyan kepada riaupotenza.com.

Lanjut Kapolsek, kejadian ini diketahui ketika seorang warga bernama, Khairunnisa (Saksi) dari kejauhan melihat kepulan asap membumbung tinggi dari arah dapur rumah milik, Nurhayati (Korban) yang terletak di Jalan Utama RT. 002/RT.003 Dusun Sungai Lilin Kepenghuluan Teluk Piyai.

“Lalu saksi memberitahukan kepada warga lainnya yang bernama saudara Ilham (saksi II ) dan warga lainnya bahwasanya rumah ibu tirinya sedang terbakar,” kata Kapolsek.

Diterangkan Kapoksek, dengan seketika warga langsung ramai dan melakukan pertolongan pemadaman api dengan menggunakan alat seadanya. Namun upaya pertolongan terswbut tidak membuahkan hasil sekitar jam 12.00 WIB rumah sudah rata.

“Pada saat itu angin kencang, sehingga membuat api dengan cepar menyala, tak berapa lama rumah rata dengan tanah, tidak ada barang-barang milik korban satupun yang bisa diselamatkan,” terangnya.

Diterangkan Kapolsek, karena pemilik rumah sedang diluar rumah maka Ketua RT setempat, Suman menginformasikan kepada korban bahawasanya rumah miliknya terbakar. Mendengar informasi yang tidak menyenangkan ini, korban dengan seketika bergegas menuju pulan ke rumahnya.

“Saat tiba di TKP kebakaran, korban melihat jatuh lemas melihat rumahnya yang sudah terbakar hanya menyisakan puing-puing bekas bangunan saja,” terang Kapolsek mengakhiri. Zul