50 Persen dari Kalangan Guru

644 PNS Pemkab Inhil Terima Satya Lencana Karya Satya 2018


riaupotenza.com
Fauzar SE MP

TEMBILAHAN (RPZ) - PENGANUGERAHAN tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan implementasi dari peraturan pemerintah nomor 35 tahun 2010 tentang pelaksanaan undang-undang nomor 20 tahun 2009  tentang gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan. Penganugerahan itu bertujuan sebagai pendorong serta memotivasi diri untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja PNS hingga dapat dijadikan teladan bagi lainnya.

Kamis (16/8) akan menjadi hari spesial dan istimewa bagi 644 Pengawai Negeri Sipil (PNS) di Negeri Seribu Parit. Pasalnya, mereka akan menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia (RI) atas dedikasi dan pengabdiannya secara terus menerus dalam rangka HUT ke-73 RI.
 
Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Inhil, H Fauzar SE MP. Ia menyebutkan bahwa penganugerahan tanda kehormatan itu sesuai surat yang ditekan langsung oleh Sekretaris Daerah Inhil nomor 861.1/BKPSDM-PKPKPA/1672 terkait persiapan penyerahan Satyalancana Karya Satya 2018.
 
‘’Insya Allah penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya itu akan dilaksanakan di Gedung Engku Kelana Tembilahan dan diserahkan langsung oleh Bupati Inhil. Alhamdulillah, tahun ini cukup banyak PNS yang menerima tanda kehormatan,’’ ujar Fauzar.
 
Diakui Fauzar, Untuk memperoleh penghargaan tersebut seleksinya tidak mudah. Bahkan mereka yang sudah puluhan tahun bekerja belum tentu lolos. Hal itu mengingat persyaratan sebagaimana yang diatur dalam pasal 22 peraturan pemerintah nomor 35 tahun 2010, bahwa pemberian tanda kehormatan berupa satyalancana karya satya diberikan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada negara kesatuan Republik Indonesia, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus-menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun atau 30 tahun serta tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat berdasarkan peraturan perundang-undangan.
 
‘’Dari 644 PNS yang akan menerima tanda kehormatan ini, dibagi menjadi 3 kategori. Yakni kategori 30 tahun sebanyak 157 orang, kategori 20 tahun sebanyak 158 orang dan kategori 10 tahun sebanyak 329 orang. Dari jumlah itu, 50 persen diisi oleh kalangan pendidik (guru, red) dan kependidikan. Sisanya PNS yang ada di instansi dan OPD lain di Pemkab Inhil,’’ terang Fauzar.
 
Fauzar menerangkan, penetapan penerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya sudah sepantasnya  disikapi dengan rasa syukur dan sukacita. Karena pada PNS dalam melaksanakan tugas sebagai perpanjangantangan pemerintah dinilai telah menunjukkan kriteria dimaksud.
 
‘Kegiatan penyerahan tanda kehormatan ini jangan dipandang sebagai kegiatan seremonial belaka. Sebaliknya peristiwa ini hendaknya dijadikan momentum untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja saudara kepada bangsa dan negara,” imbuhnya.
 
Tanda kehormatan yang diterima, lanjut Fauzar, juga merupakan kebanggaan bagi penerima selaku PNS. Sehingga seterusnya dapat meningkatkan diri atau kemampuan dalam menjalankan tugas, memberikan pelayanan masyarakat secara profesional, jujur, adil dan merata serta menjadi suri teladan bagi PNS lainnya.
 
‘’Semoga penghargaan tanda kehormatan ini dapat lebih memacu semangat para PNS lainnya untuk lebih meningkatkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan dan prestasi dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di masa-masa yang akan datang,’’ beber Fauzar.yan