HUT ke-61, Transformasi Riau Menuju Kemakmuran


riaupotenza.com
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyerahkan Buku Muatan Lokal disaksikan Presiden RI ke 3 Bj. Habibie pada upacara HUT Riau ke-61 dihalaman kantor Gubernur Riau..

PEKANBARU-Pelaksanaan peringatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Provinsi Riau berjalan khidmat, Kamis (9/8) di halaman Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru. Peringatan HUT Riau kali ini terasa spesial. Pasalnya, Presiden Republik Indonesia (RI) ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie tampak hadir didampingi Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, M Nasir.
 
Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman menjadi inspektur upacara. Sementara Wakil Bupati Siak, Alfredli bertindak menjadi komandan upacara. Hadir juga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau seperti  Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Kapolda Riau Irjend Pol Nandang, Kajati Riau Jung Abdul Syakur, bupati/walikota se-Riau, para pejabat provinsi dan kabupaten/kota, tokoh masyarakat serta berbagai undangan lainnya.
 
“Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau ini mampu memberikan nuansa semarak perhelatannya. Kita lihat kembali kilas balik lahirnya Provinsi Riau selama 61 silam bersama-sama tokoh-tokoh Riau yang begitu gigih berjuang untuk menetapkan Riau sebagai provinsi di Sumatera dan menjadikan bagian dari Indonesia,” kata Gubri, Arsyadjuliandi Rachman.

 Gubri menyebutkan, HUT ke-61, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengambil tema Transformasi Menuju Kemakmuran. 
 
‘’Tema ini kita ambil karena tiga tahun sebelumnya sudah mulai pengembangan dan saatnya transformasi,” kata pria yang akrab disapa Andi Rachman tersebut.
 
Dalam amanatnya, Andi Rachman juga memaparkan tentang kemajuan Riau selama kurun waktu 2014-2017. Menurutnya, Riau telah mampu memperbaiki ketimpangan pendapatan antara kelompok masyarakat.
 
“Indeks Gini Rasio Provinsi Riau yang mengalami penurunan dari 0,379 menjadi 0,325 atau tergolong dalam kategori relatif merata. Sementara itu, kemajuan yang dicapai Provinsi Riau dalam penanggulangan kemiskinan selaras dengan capaian SDG’s 2017 pada pencapaian sebesar 7,41 persen atau menurun sebesar 1,41 persen dari tahun 2015,” urainya.
 
Selain itu, berbicara soal investasi, Andi Rachman mengklaim dari tahun 2014 menunjukkan trend yang  positif. Dimana realisasi investasi PMDN pada tahun 2014 sebesar Rp7,77 triliun, meningkat menjadi sebesar Rp10,83 triliun pada tahun 2017. Sedangkan PMA terjadi penurunan, dimana pada tahun 2014 sebesar 1.369,56 juta US$ menjadi  1.061,10 Juta US$ pada tahun  2017. 
 
Senada dengan yang disampaikan oleh Gubernur Riau, Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP mengatakan bahwa telah banyak kemajuan yang dialami oleh Negeri Lancang Kuning, baik dari segi pembangunan, pendidikan, perekonomian, maupun dari sisi lainnya.
 
“Untuk ke depan kita berharap pembangunan lebih merata sampai ke pelosok. Hari ini kita sudah dapat merasakan manfaat dari program yang dibuat oleh Bapak Gubernur. Kita dari masing-masing kabupaten atau kota se-Provinsi Riau ikut mensupport dan melaksanakan programnya sesuai dengan wilayah dan daerah kita sendiri, itu merupakan satu-kesatuan kita dalam membangun Provinsi Riau,” terang Orang Nomor Satu di Negeri Hamparan Kelapa Dunia itu.
 
Sementara itu, Gubernur Riau terpilih, Syamsuar ungkapkan harapannya di HUT Riau ke-61 ini agar kesejahteraan rakyat terwujud lebih baik.
 
“Selamat untuk rakyat Riau yang telah memasuki usia 61 tahun. Semoga bertambahnya usia provinsi ini apa yang diharapkan masyarakat bisa terwujudkan,” kata Syamsuar.
 
Karenanya, Syamsuar, mengajak semua elemen masyarakat mari bersatu membangun Riau lebih baik dengan semangat kebangsaan dan kebersamaan menuju negeri yang terbilang, cemerlang dan gemilang.

   12 Pejuang Penghargaan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menganugerahi penghargaan kepada 12 orang tokoh dan pejuang Provinsi Riau, dalam rangka peringatan HUT ke-61 Provinsi Riau, Kamis (9/8).
 
Pemberian penghargaan tersebut, dirangkai dengan kegiatan Rapat Paripurna DPRD Riau dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau 2018.
 
Secara berurutan tokoh dan pejuang yang mendapat penghargaan dibacakan oleh Pimpinan Rapat, Septina Primawati, adalah  H M Hamid Yahya (Pekanbaru), T Syarifah Fadlun Tengku Maharatu (Siak), Tengku Ghazali (Kampar), Tengku Ilyas (Rokan Hulu), Datuk Zainal Abidin (Rokan Hilir).
 
Kemudian Tengku Muhammad (Indragiri Hulu), Letkol A Muis (Kuantan Singngi), H Bakar Oemar (Kepulauan Meranti),Tengku Masdulhak (Dumai), Drs H Baharuddin Yusuf (Indragiri Hilir), Kol Pol (P) Zalik Aris (Bengkalis) dan Tengku Nazir Alwy (Pelalawan).
 

‘’Upaya ini dalam hal sebagai salah satu upaya untuk menghargai jasa para pahlawan kesuma bangsa. Telah berjasa pada daerah ini. 12 tokoh pejuang ini juga akan diajukan ke Pemerintah Pusat untuk jadi Pahlawan Nasional,’’ beber Ketua DPRD RIau, Septina Primawati Rusli.yan/zal