Sudahlah tak Berpagar, Plafon SMPN II Pangkalan Kuras pun Sudah Berguguran


riaupotenza.com
Plafon SMPN II Sorek Kecamatan Pangkalan Kuras yang rusak mengganggu aktivitas belajar pelajar.

PANGKALANKURAS (RPZ) - Sudahlah tidak memiliki pagar sekolah yang mengundang banyaknya terjadinya kenakalan remaja. Ternyata, bangunan SMPN II Pangkalan Kuras di Kelurahan Sorek II Kecamatan Pangkalan Kuras juga suduh uzur. Ini dibuktikan, satu persatu plafon sekolah berguguran. Alih-alih untuk menangkal panas, justru suhu panas semakin kentara dirasakan pelajar dan guru.

‘’Miris sekali kondisinya. Sudah tak punya pagar, 3 lokal plafon tersebut hancur berkeping-keping. Sangat disayangkan penampakan keberadaan ruang kelas dan teras tidak ada perhatian dari dinas terkait,’’ kata salah soerang wali siswa, Ujang, Kamis (9/8/2018).

Hancur plafon yang terbuat dari material gypsum itu sebut Ujang sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu. ‘’Dibangun 2015 lalu. Menjelang 6 bulan loteng itu sudah melayang-layang. Sekarang hanya tinggal kerangka besi ringan saja lagi plus uap panas,’’ bebernya.

Kepala SMPN Sorek II , Awaludin mengaku, sudah mengusulkan perbaikan loteng sekolah yang blong, namun belum ada aksi nyata dari pihak terkait. ‘’Ya, mau gimana lagi pak. Itu lah keadaannya. Sebelum saya bertugas di sekolah ini plafonnya juga sudah hancur. Pihak sekolah juga sudah mengusulkan namun belum juga diperbaiki. Kata kuncinya, ya kita sabar saja lah,’’kata Kepsek menghibur diri.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pelalawan, Eka Putra Sos yang juga merupakan legislator berasal dari kecamatan itu menjanjikan akan memperjuangkan rehap plafon 3 ruang belajar tersebut.

‘’Di tahun 2019 ini kita usahakan untuk rehab plafon 3 ruangan kelas yang sudah hancur di SMPN II,’’ ujarnya.amr/dn