108 Calon Anggota Bawaslu di Riau Jalani FTP

108 Calon Anggota Bawaslu Jalani FPT


riaupotenza.com
Calon anggota Bawaslu kabupaten dan kota di Riau jalani fit and proper test.

PEKANBARU (RPZ) - Sebanyak 108 Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten/Kota menjalani Fit and Proper Tes (FPT) yang diselenggarakan Bawaslu Riau, di Hotel Prime Park Jalan Putri Indah, Pekanbaru.

Berdasarkan Jadwal, pelaksanaan FPT dimulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, selama 3 hari yaitu di tanggal 7-9 Agustus 2018. Dalam pelaksaanaan FPT ini, seluruh calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang telah lulus pada tahap tes kesehatan, dan tes wawancara diwajibkan mengenakan pakaian Putih, dan Celana Hitam.

“Sekitar 36 orang peserta tiap harinya yang mengikuti FPT. Pada tanggal 7 Agustus 2018, peserta dari Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hulu,” kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, Selasa (7/8/2018).

Sedangkan untuk tanggal 8 Agustus 2018, giliran peserta dari Kabupaten Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir dan Rokan Hilir yang mengikuti FPT. Dan di hari ketiga tanggal 9 Agustus 2018, peserta yang mengikuti FPT berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis, Kampar dan Kota Pekanbaru.

“Metode FPT yang dilaksanakan saat ini dengan menggunakan sistem Semi Struktur Group Discusion (SSGD) dimana semua calon per kabupaten/kota dikumpulkan dalam satu ruangan yang kemudian melakukan diskusi masalah masalah krusial kepengawasan pemilu. Dari diskusi itu kemudian dilanjutkan dengan wawancara oleh Anggota Bawaslu Riau,” jelas Rusidi lebih lanjut.

Setelah melaksanakan FPT, Bawaslu Riau akan menetapkan rangking calon yang akan dikirim ke Bawaslu RI untuk di pilih dan di SK kan sekaligus dilantik oleh Bawaslu RI di Jakarta di pertengahan bulan ini.