Masyarakat Diberi Waktu Tanggapi Balon Legislatif Bengkalis


riaupotenza.com
BALON LEGISLATIF : Pendaftaran Bakal Calon (Balon) Legislatif di Gedung KPU Kabupaten Bengkalis, Jalan Pertanian, beberapa waktu lalu.(sukardi)

BENGKALIS (RPZ) — Peran serta masyarakat pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2019 mendatang sangat berarti. Untuk memilih calonnya, masyarakat punya hak untuk menilai melalui masukan dan tanggapan atas Daftar Calon Sementara (DCS).

Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Defitri Akbar melalui Komisioner KPU Bidang Penyelenggaraan Pemilu 2019, Syuib Usman, Selasa (7/8/2018).

“Masyarakat sangat besar perannya dalam Pemilu serentak 2018, khususnya pada penyusunan bakal calon legislatif, karena jelang penetapan DCT, masyarakat diberi kesempatan memberikan masukan dan tanggapan atas DCS, pada tanggal 12-21 Agustus 2018, sesuai jadwal atau tahapan KPU,”kata Syuib.Menurut Syuib, untuk jadwal verifikasi terhadap perbaikan calon dan syarat sedang dilaksanakan dari tanggal 1 – 7 Agustus 2018. Untuk tahapan ini, semua berjalan seperti biasa, sampai penyusunan dan penetapan DCS, tanggal 8-12 Agustus 2018 nantinya.

“Insya Allah, jika tidak ada kendala sesuai jadwal, Rabu 8 Agustus 2018, akan dilaksanakan tahapan Rapat pleno penyusunan dan penetapan DCS. Setelah DCS disusun, maka segera akan diumumkan ke publik, dengan maksud meminta masukan dan tanggapan dari masyarakat, waktu yang diberikan 10 hari lamanya,”kata Syuib.

Jika tidak ada tanggapan dan masukan dari masyarakat. Maka selanjutnya KPU menyusun Daftar Calon Tetap (DCT) sesuai jadwal 21-23 September 2018.

“Seandainya ada tanggapan masyarakat, tentu KPU secepatnya melakukan klarifikasi kepada Partai Politik (Parpol) dan pimpinan Parpol, klarifikasi yang dimaksud adalah tanggapan dari masukan masyarat tersebut, berkaitan dengan dokumen bakal calon legislatif, setelah itu baru diserahkan ke Parpol, apakah bacalon itu diganti atau bagaimana terbaik menurut Parpol,”katanya.(pmc)