Seorang JCH Kepulauan Meranti Sedih Ditunda Keberangkatannya, Apa Sebabnya


riaupotenza.com
Kartini JCH Asal Kabupaten Kepulauan Meranti yang ditunda keberangkatannya karena tidak Istitaah.

SELATPANJANG (RPZ) - Isak Tangis terlihat tidak terbendung setelah mendengar kabar jika niatnya untuk menunaikan ibadah Haji ditunda oleh pihak berwenang. 

Adalah Kartini (61) asal Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti. Persiapannya telah matang, Kartini bersama jemaah calon haji lainnya yang semula turun dari Selatpanjang diberangkatkan ke batam untuk bergabung di Kloter 17 embarkasi Batam Kepri, Sabtu (4/8/2018) kemarin.

Niat itu punah sementara waktu setelah mendengar kabar bahwa kesehatannya tidak stabil atau tidak Istitho'ah. Hal itu dinyatakan atas hasil pemeriksaan dokter embarkasi. 

"JCH kita atas nama Kartini usia 61 tahun gagal berangkat karena sakit, saat ini sedang dalam perawatan di Batam," ungkap Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Meranti H Darwison MAg, Senin (6/8/2018). 

Dia menjelaskan, Kartini terpaksa harus menunda keberangkatannya ke tanah suci lantaran kondisi kesehatannya tidak memungkinkan.‎ Kadar hemoglobin (HB) tamu Allah itu turun drastis sehingga tidak diperbolehkan melanjutkan penerbangan menuju Mekkah. 

Menurutnya, keberangkatan Kartini bisa saja dilanjutkan walaupun seluruh jamaah calon haji di Selatpanjang sudah berangkat. Namun hal itu bisa dilakukan disaat kondisi calon haji terkait benar benar sehat atau pulih. 

Selain itu, ia juga menyebutkan jika pihaknya berencana akan memberangkatkan Kartini pada Senin (6/8/2018) usai menjalani transfusi  dan  sempat dinilai sehat oleh pihak berwenang, namun setelah di cek kembali tiba tiba kondisi pasien tersebut kembali menurun. 

"Pasien ini sudah menjalani transfusi darah kemaren, dan rencananya akan diberangkatkan hari ini yang rencana masuk pada Kloter 18, namun setelah pulih, kesehatan pasien tiba tiba menurun dan kembali menjalani perawatan, sehingga keberangkatannya kembali dibatalkan," ujar H Darwison.

Saat ini sebanyak 79 Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Kepulauan Meranti dan 2 pendamping haji yang tergabung dalam kloter ke 17 tersebut sudah tiba di Mekkah. Pesawat Saudi Airline  Boeing 747- 428 dengan nomor penerbangan SV5721 yang dikemudikan oleh pilot Muhdizat.wir