Rapat Pleno Tahapan DCS Mulai Digesa


riaupotenza.com
Syuib Usman.(sukardi)

BENGKALIS (RPZ) — Rapat pleno penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), anggota DPR, DPRD Provinsi dan kabupaten/kota mulai digesa. Sesuai jadwal, Rabu 8 Agustus 2018, rapat pleno akan digelar.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis Defitri Akbar melalui Komisioner KPU Bidang Penyelenggaraan Pemilu 2019, Syuib Usman, Senin (6/8/2018).

Menurut Syuib, untuk jadwal verifikasi terhadap perbaikan calon dan syarat sedang dilaksanakan dari tanggal 1 – 7 Agustus 2018. Untuk tahapan ini, semua berjalan seperti biasa, sampai penyusunan dan penetapan DCS, tanggal 8-12 Agustus 2018 nantinya.

“Insya Allah, jika tidak ada kendala sesuai jadwal, sambil menunggu Ketua KPU Bengkalis pulang dari Jakarta,  Rabu 8 Agustus 2018, akan dilaksanakan tahapan Rapat pleno penyusunan dan penetapan DCS. Setelah DCS di susun, maka segera akan diumumkan ke publik, dengan maksud meminta masukan dan tanggapan dari masyarakat,”kata Syuib.

Jika tidak ada tanggapan dan masukan dari masyarakat. Maka selanjutnya KPU menyusun Daftar Calon Tetap (DCT) seuai jadwal 21-23 September 2018.

“Seandainya ada tanggapan masyarakat, tentu KPU secepatnya melakukan klarifikasi kepada Partai Politik (Parpol) dan pimpinan Parpol, klarifikasi yang dimaksud adalah tanggapan dari masukan masyarat tersebut, berkaitan dengan dokumen bakal calon legislative, setelah itu baru diserahkan ke Parpol, apakah bacalon itu diganti atau bagaimana terbaik menurut Parpol,”katanya.

Setelah include data, dan tidak ada masalah. Maka dilanjutkan dengan penetapan DCS, dab setelah itu diumumkan kembali ke publik.”Jadi untuk proses penelitian kelengkapan dokumen dan keabsahan dokumen balon legislative ini, berbeda dengan aturan lama. Kalau aturan terdahulu, itu bacaleg mudah diganti atau dibongkar pasang, kalau aturan yang baru ini sangat mengikat, pindah parpol saja setelah mendaftarkan diri ke KPU tidak diperbolehkan,”terangnya.(pmc)