Pusat Gempa 7,0 SR Lombok Ditemukan di Tengah Sawah


riaupotenza.com

LOMBOK (RPZ) – Gempa besar dengan magnitude 7,0 pada Skala Richter mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu petang, 5 Agustus 2018.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi, pusat gempa 7,0 SR berada di daratan yakni pada titik koordinat 8.37 Lintang Selatan 116.48 Bujur Timur, pada kedalaman 15 kilometer.

Sementara itu, menurut data yang disiarkan Badan Geologi Amerikat, United States Geological Survey (USGS), gempa Lombok memiliki magnitude 6,9. Gempa terjadi di daratan pada titik koordinat 8.287°S 116.451°E, pada kedalaman 31 kilometer.

Mungkin banyak yang ingin tahu, di sebelah mana sebenarnya pusat gempa besar itu berada, karena gempa berpusat di daratan?

Dari penelusuran VIVA dengan menggunakan fasilitas Google Maps, jika menggunakan data titik koordinat versi USGS, 8.287°S 116.451°E maka ditemukan fakta bahwa pusat gempa besar Lombok berada di tengah sawah.

Area persawahan itu terdata berada di wilayah Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Gambar satelit yang ditampilkan Google Maps memperlihatkan, sawah tempat pusat gempa itu berada tak jauh dari pemukiman warga. (rpz/viva)