SDN 161 Pekanbaru Menuju Adiwiyata


riaupotenza.com
Murid SDN 161 Pekanbaru antusias mengikuti lomba membuat tong sampah dari kardus bekas yang diadakan Bank Sampah Pekanbaru dalam menuju sekolah adiwiyata.

PEKANBARU (RPZ) - Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dahulu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

SDN 161 Pekanbaru sekolah yang beralamat di Jalan Surian Komplek Beringin Indah Marpoyan Damai Pekanbaru,dalam beberapa bulan ini lagi menargetkan agar dapat masuk ke sekolah adiwiyata.

Program yang akan mengangkat nama baik sekolah karena adiwiyata merupakan penerapan menanamkan bentuk sikap anak anak dan warga sekolah dalam kehidupan sehari hari. 

Kepala SDN 161 Pekanbaru,  Marnaini SPd mengatakan, bahwa Program Adiwiyata ini adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya–upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma–norma dalam berperikehidupan yang antara lain meliputi: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Untuk mewujudkan adiwiyata di SDN 161 Pekanbaru, pihak sekolah dan warga sekolah saling mendukung bahu membahu dan bekerja sama. Seperti pada Kamis pagi semua anak-anak ikut aktif dalam perlombaan membuat tong sampah dari bahan kardus bekas. Dimana kegiatan ini diadakan Bank Sampah Kota Pekanbaru. Selain itu juga menjalin kerjasama dengan pihak lain seperti dengan SDN 112 dalam pembinaan adiwiyata dan Puskesmas serta pihak kepolisian setempat.

Marnaini mengajak semua warga sekolah ikut dalam mendukung program ini,mengajak agar semua pihak ikut berpartisifasi dalam menjadikan  SDN 161 sekolah adiwiyata. Sekolah yang bisa disetarakan dengan sekolah yang lain sekolah kebanggaan murid dan wali murid. Untuk memperbaiki sekolah kita tentu lah kita sendiri dan tentunya dengan kebersamaan dan rasa tanggung jawab bersama .

Dengan semangat  di tahun 2019 SDN 161 Pekanbaru Insyaallah menjadi sekolah adiwiyata, sekolah yang sesuai harapan warga sekolah. Mari kita bangun sekolah kita baik disegi fisik dan mutu pendidikan formal dan non formal.  ***