Hasil Rekontruksi Pembunuhan Pak Coky

Diduga Adanya Hubungan Asmara Mak Coky dengan Tersangka Adi


riaupotenza.com
Tersangka berdiri menjelang melakukan rekonstruksi.

UJUNGTANJUNG (RPZ) - Sat Reskrim Polres Rohil, Rabu (1/8) siang kemarin, melakukan rekontruksi pembunuhan terhadap korban Mangandar Tua Sihaloho (41) warga Jalan Lintas Riau-Sumut, Simpang Smoholder, Kepenghuluan Bagan Batu Barat, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rohil.

Informasi dirangkum, korban dibunuh pada Sabtu (9/6) sekira pukul 10.00 WIB di kediamannya. Korban diduga dibunuh oleh tiga orang tersangka. Diantaranya, Martha Boru Nababan alias Mak Coky ( istri korban.red ), Desembriasi Arua alias Adi Aruan dan Suheri alias Erik.

Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Vera Taurensa SS MH mengawali kegiatan dengan menginformasikan kepada penyidik/penyidik pembantu terkait antusiasme masyarakat dalam melihat adegan rekontruksi Tindak Pembunuhan (TP) dan mengingatkan kepada seluruh personil yang melaksanakan pengamanan, agar melakukan pengamanan dengan maksimal. Juga mengingatkan kepada masyarakat yang hadir untuk tidak bertindak anarkis.

Kasat Reskrim Polres Rohil, AKP M. Faizal Ramzani SH SIK, mengawali kegiatan Rekontruksi dengan berdoa dan mengingatkan kepada seluruh personil untuk berhati-hati dalam melakukan pengamanan terutama menjauhkan dan menjaga para tersangka dari tindakan anarkis masa yang menonton.

Faizal mengawali reka ulang adegan dengan membacakan adegan 1 yang diawali dengan pembicaraan antara Desembriasi Aruan dengan korban Mangandar Tua Sihaloho l dan dilanjutkan adegan per adegan yang dibacakan oleh Ps. Kanit 1 Sat Reskrim BRIPKA Wira Adi Kusuma dengan disaksikan dan didengar oleh Pihak JPU Kejaksaan Negeri Rokan Hilir bersama Penasehat Hukum dari tersangka.

“Giat rekontruksi tindak pembunuhan berencana berlangsung selama kurang lebih 2 jam dengan jumlah reka ulang adegan sebanyak 45 adegan,” kata Kapolres Rohil, AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH, dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim Polres Rohil, AKP Faizal Ramzani SH SIK, Kamis (2/8) melalui WA pribadinya.

Ditambahkannya, masing-masing diperagakan dan diperlihatkan langsung oleh peran utama maupun pemeran pengganti. “Selama giat reka ulang Tindak Pembunuhan Berencana berlangsung, situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali. Dan terhadap para tersangka telah diamankan kembali untuk selanjutnya dititipkan ke Rutan Polres Rohil dalam keadaan sehat dan lengkap,” terang Faizal.

Faizal menjelaskan, bahwa dalam hasil adegan dan pengakuan para tersangka, kuat dugaan ada hubungan asmara perselingkuhan dari tersangka Martha Boru Nababan alias Mak Coky (istri korban.red) dengan Desembriasi Arua alias Adi. Sementara tersangka Suheri alias Erik diduga telah ikut serta mengantar tersangka untuk kabur.

“Terhadap adegan reka ulang yang telah diperagakan oleh para tersangka, bahwa diduga keras dan cukup bukti para tersangka telah melakukan Pembunuhan Berencana (PB), sesuai dengan Pasal 340 KUHPidana,” terang Faizal.

Selanjutnya, kata Faizal, pihak kejaksaan akan menunggu berkas tindak pidana PB dari Sat Reskrim Polres Rohil. “Untuk selanjutnya melakukan penuntutan, sesuai dengan ketentuan pasal yang berlaku terhadap para tersangka,” tutup AKP Faizal.Fen