BAZNAS Riau Distribusikan Rp 100 Juta Zakat Produktif

Entaskan Kemiskinan Melalui Zakat


riaupotenza.com
Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin secara simbolis menyerahkan kepada salah satu kelompok usaha mustahiq bantuan dari Baznas provinsi Riau.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZnas) Provinsi Riau, Kamis (2/8) di kantor Baznas Kabupaten Rohil menyerahkam dan mendistribusikan   Rp 100 juta zakat produktif. Zakat produktif tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin kepada tiga kelompok usaha mustahiq.

Ketua I Bidang Pengumpulan Baznas Provinsi, Dr H Azwar SH MSi ketika dikonfrimasi riaupotenza.com menjelaskan, bahwa Baznas provinsi mengumpulkan zakat sampai Juli ini  sebesar Rp 3 miliar, dan dibagikan ke daerah-daerah melalui program kelompok usaha mustahiq dengan besaran anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 100 juta.

Lanjut di jelaskan Azwar, seperti di Kabupaten Rohil sendiri, ada tiga kelompok mustahiq yang diberikan bantuan progam ini, seperti anak-anak yang memiliki seni sanggar diberikan alat musik, secara kelompok mereka bisa menghasilkan duit. 
 
Kedua kelompok kolam ikan dan dibina. Diharapkan kepada dinas perikanan memberi pelatihan pembuatan pakan, maka jika bisa membuat pakan sendiri pasti akan untung kalau tidak buntung.

“Jadi yang ketiga itu kelompok kuliner, yaitu ibu-ibu membuat kue khas daerah dan akan dijual ke swalayan dengan kerja sama. Jika hasilnya bagus, maka kita akan terus berikan bantuan dari Baznas Ria. Ada tiga kelompok penerima,” sebutnya.

Sebanyak tiga kelompok yang diberikan bantuan dengan jumlah anggaran yang bervariasi, sesuai dengan kebutuhan kelompok yang akan dilaksanakan. Kendati tak hanya di Kabupaten Rohil saja, BAZ Riau juga sudah memberikan bantuan seratusan juga seperti di daerah Rohul, Kuansing dan daerah lainnya.

Dikatakan Azwar, tujuan dari program tersebut dapat mengentaskan kemiskinan melalui penyaluran bantuan zakat. Ini diprogramkan secara kelompok agar usaha bisa berkembang dan tidak akan ada kecurangan. “Sementara bagi kaum yang sudah jompo dan tidak mampu lagi bekerja maka kita berikan bantuan konsumtifnya setiap bulannya,” sebutnya.

“Ini yang kita harapkan BAZ ini bisa melaksanakan kegiatan ini. Insya Allah kalau duitnya banyak maka banyak yang bisa kita buat. Sejauh ini baru Rp 3 miliar yang dapat terkumpul, sementara kalau di kantor gubernur sendiri jika terhimpun, dihitung kemarin gaji pegawai kemarin bisa mencapai Rp 3 triliun, tak usah lagi sebesar itu, Rp 1 triliun saja sudah sangat besar, jadi sudah Rp 25 miliar setahun, belum lagi dari pengusaha,” paparnya.

Ketua Baznas Rohil, Baharuddin SPd mengucapkan terima kasih kepada Baznas Provinsi Riau telah mendistribusikan zakatnya kepada mstahiq yang ada di Baznas Rohil. Sehingga mustahiq yang ada di Rohil bisa lebih maju dan mengubah perekonomiannya untuk tidak lagi meneima zakat, namun sebagai pengeluar zakat. 

Sementara itu Wakil Bupati Rohil sangat mengapresiasi apa yang sudah dijalankan Baznas sebagai langkah baik, untuk mengentaskan kemiskinan yang ada. Sehingga ke depan penerima zakat bisa berkurang. Dan selaku pemerintah mengimbau agar kepada masyarakat yang sudah mapan dan pengusaha juga pegawai yang memilliki penghasilan besar agar mengeluarkan zakatnya, baik itu zakat profesi, zakat harta dan zakat lainnya. iin.