MUI : Vaksin MR Belum Bersertifikat Halal


riaupotenza.com

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Rabu (1/8) ini merupakan hari imunisasi campak dan rubella (MR) secara serentak di Indonesia, kendati kegiatan imunisasi tersebut menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus ditunda karena vaksi MR yang ada saat ini belum memiliki sertifikat halal.

Ketua Umum MUI Kabupaten Rohil, H Ucok Indra SAg saat kegiatan pencanangan imunisasi MR di gedung Yayasan Wahidin menyebutkan, bahwa sehubungan dengan pemberian vaksin rubella, pihaknya baru menerima surat dari MUI pusat, bahwa sampai saat ini belum ada label halal terhadap vaksin MR tersebut. 

‘’Sudah disebutkan pada intinya, MUI mendukung imunisasi cara pengobatan yang dianjurkan agama. Namun semua vaksin harus berlabel halal. Sampai saat ini vaksin rubella ini belum ada,’’ kata Ucok.

Dijelaskan Ucok, bahwa MUI sudah merekomendasikan sejak lama ke Kementerian Kesehatan untuk mengurus sertifikat halal, namun tidak diindahkan. Maka dari itu, MUI pusat mengirim surat ke kementerian kesehatan untuk menunda pelaksanaan vaksi rubella sampai memperoleh label halal. 

‘’Kita menyarankan sesuai surat edaran dari MUI pusat, agar kegiatan imunisasi MR ini ditunda dulu sehingga sudah ada label halal dari MUI,’’ kata Ucok lagi.

H Ucok melanjutkan, pihaknya berterima kasih dengan Bupati Rohil yang telah merespon dengan baik, apa yang telah disampaikan MUI. Mengapa hal ini perlu dan wajib dilakukan, karena setiap produk mesti mendapat jaminan halal. 

‘’Semoga ini ke depan bisa dilanjutkan. Kami yakin Pemkab Rohil peduli terhadap kesehatan masyarakat. Sesuai dengan misi untuk mewujudkan masyarakat Rohil yang sehat jasmani rohani,’’ pungkasnya.iin.