Disindir Irwan, Akhirnya Enam Qoriah Meranti Melaju Di MTQN XXIV


riaupotenza.com
Irwan Nasir menyapa masyarakat Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau saat pembukaan MTQ Ke-X Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (23/7/18) malam.

SELATPANJANG(RPZ)-Qoriah asal Kabupaten Kepulauan Meranti diikutsertakan dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat nasional (MTQN) ke XXVII di Medan Sumatera Utara, 6 Oktober 2018 mendatang.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kepulauan Meranti, H Zulkhairil mengatakan, keikutsertaan Qoriah Kepulauan Meranti di MTQN memang suatu prestasi yang luar biasa dan membanggakan. 

Namun pencapaian itu didapatkan tidaklah secara instan hingga membutuh proses pembelajaran yang panjang, mengingat prestasinya di tingkat provinsi benar benar baik. 

"Qori dan Qoriah Kepulauan Meranti sudah tiga kali berturut turut mempertahankan juara umum 2 di Provinsi Riau," ujarnya.

Ini menjadi bukti bahwa daerah penghasil sagu itu semakin menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu peserta terbaik di ajang MTQ tingkat provinsi. 

"Alhamdulillah, sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini enam orang qoriah anak kita di percayai oleh Provinsi Riau untuk mengikuti MTQ tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Kota Medan. Semoga anak anak kita ini di berikan kekuatan sehingga bisa membawa nama baik provinsi Riau yang kita banggakan,”kata Zulkhairil,  Rabu (25/7/2018).

Adapun qoriah dan qoriah yang diikut sertakan dalam MTQN diantaranya Putri Juliastri asal Kecamatan Tebingtinggi cabang Tartil Quran putri, Siti Nuraini asal Kecamatan Tebingtinggi cabang Tilawah Anak Putri, Sri Wahyu Lestari asal Kecamatan Rangsang cabang Hafiz Quran 20 Juz, Azza Afkarina, asal Kecamatan Rangsang cabang Hafiz Quran 5 juz, Ririn asal Kecamatan Rangsang cabang Tafsir Bahasa Inggris, dan Wahyu Indah Lestari asal Tebingtinggi Barat cabang Tahfidz Quran 1 jus.

Ditambahkannya lagi, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan termasuk memberikan tambahan bekal pembinaan kepada Qoriah. Disamping pembinaan dari LPTQ Provinsi Riau.

Zulkhairil berharap Qoriah yang dikirim dapat memberikan yang terbaik dalam rangka mengharumkan nama Riau khususnya Kepulauan Meranti.

Mengingat prestasi yang telah diraih, memang beberapa hari sebelum ini Bupati Irwan Nasir sempat mensentil kinerja LPTQ Riau dalam memberikan kesempatan bagi qori dan qoriah asal Meranti agar bisa diterjunkan di tingkat nasional.

Selama ini kata Irwan, belum ada Qori dan Qoriah asal Meranti yang dipanggil LPTQ untuk memperkuat Riau di ajang MTQ tingkat nasional.

"Padahal, kecakapan Qori dan Qoriah asal Meranti tidak kalah dengan daerah lainnya," ujar Irwan Nasir, Selasa (24/7/2018) kemari. 

Lantaran tidak terpanggil, banyak Qori dan Qoriah asal Meranti memilih memperkuat daerah lain di ajang MTQ nasional. Hasilnya cukup membanggakan, para Qori dan Qoriah tersebut keluar dengan prestasi yang mengagumkan.

"Provinsi yang diperkuat oleh Qori dan Qoriah asal Meranti justru juara, saya harap jangan ada hal serupa terjadi lagi di kemudian hari," ujar Irwan.

Menurut Irwan, prestasi Kabupaten Kepulauan Meranti di ajang MRQ tingkat provinsi sudah sangat membanggakan. Bahkan dalam kurun tiga tahun belakangan ini, Meranti berhasil mempertahankan posisi Runner Up.(Wira)