Meranti Cari Qori dan Qoriah Terbaik


riaupotenza.com
Bupati Meranti Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kabupaten Ke-X Tahun 2018.

MERANTI (RPZ) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-X tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti di Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau, secara resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, dalam ajang tahunan dalam rangka syiar Islam itu Bupati berharap dapat menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik Meranti yang mampu mengharumkan nama daerah hingga ketingkat Nasional, Senin malam (23/7/2018).

Turut hadir bersama Bupati Meranti, Mantan Gubernur Riau H. Wan Abu Bakar, Ketua Kanwil GP Anshor Riau Purwaji, Asisten I Sekdaprov Riau H. Ahmadsyah Harofie, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, Ketua DPRD Kepulauan Meranti H. Fauzy Hasan, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. La Ode Proyek, Kepala Kantor Departemen Agama Meranti Darwison M.Ag, Kajari Meranti Budi Prasodjo, Ketua Komisi A DPRD Meranti Edi Masyudi, Ketua PKK Meranti Hj. Nirwana Irwan, Ketua BKMT Meranti Hj. Syamsiar Said Hasyim, Dewan dan Majelis Hakim MTQ, Kepala Dinas/Badan, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Syaputra SH, Kabag Kesra Meranti Husni Gamal, serta para Kepala Bagian Sekda, Para Camat, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemuda dan ribuan masyarakat yang memadati lokasi.

Pembukaan MTQ Kabupaten Meranti Ke-X Tahun 2018, diawali dengan pengibaran Bendera MTQ dan Hymne, penyerahan  piala bergilir oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si kepada Ketua Panitia untuk diperebutkan, terakhir pemukulan beduk sebagai tanda dibukanya secara resmi loma baca, tulis dan hafal Al-Quran oleh Bupati Meranti didampingi Forkopinda dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengucapkan selamat dan terima kasih yang besar kepada semua pihak yang telah mensukseskan MTQ seraya berharap moment tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar hingga akhir.

Lebih jauh dikatakannya, MTQ Ke-X Kabupaten Kepulauan Meranti yang baru saja dibuka hendaknya mampu mencetak Qori dan Qoriah terbaik Meranti yang mampu meningkatkan prestasi Meranti di ajang MTQ Tingkat Provinsi, dimana setelah tiga tahun terakhir berhasil meraih Runner Up.

"Sebelumnya tahun 2010 Meranti hanya mampu menduduki peringkat 10 dari 12 Kabupaten Kota, kini dalam 3 tahun terakhir berhasil menaikan prestasi dengan menjadi Runner Up berturut-turut. Semoga kedepan dapat menjadi yang terbaik di Provinsi Riau," harapnya.

Kepada seluruh peserta yang bertarung dalam MTQ kali ini, Bupati Irwan meminta untuk mempersembahkan kemampuan terbaiknya sehingga keluar menjadi yang terbaik untuk mewakili Meranti diajang yang lebih besar baik tingkat Provinsi maupun Nasional.

Untuk diketahui, banyak Qori dan Qoriah terbaik Meranti yang tidak terpilih mewakili Riau untuk berloma di MTQ Nasional, justru dicater oleh Provinsi Kepulauan Riau dan berhasil menjadi juara.

Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Sekdaprov Riau H. Ahmadsyah Harofie mengucapkan terima kasih kepada Qori dan Qoriah Kabupaten Meranti yang telah memberikan andil dan peran ditingkat Provinsi dan Nasional, saat ini tercatat 6 orang Qori Meranti akan Wakil Riau pada ajang MTQ Nasional yang akan digelar di Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Kemenag Meranti, Darwison MAg menceritakan sekelumit sejarah MTQ yang merupakan lomba baca, tulis dan menghafal Al-Quran untuk pertama kali dicetuskan oleh KH. Ahmad Dahlan yang menjabat Menteri Agama di Era 1960-an. Dan terus berlanjut hingga saat ini.

Adapun cabang-cabang yang akan diperlombakan dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) kali ini  adalah Cabang Tilawah anak-anak, Cabang Tilawah Remaja, Cabang Tilawah, Cabang Tartil Qur'an, Cabang Qira'ah Sab'ah, Cabang Hifdzil Quran, Cabang Tafsir Quran, Cabang Khattil Quran, Cabang Fahmil Quran, Cabang Syahril Quran dan Cabang Musabaqah Menulis Isi Al-Quran (M2IQ). Masing-masing cabang tersebut dibagi dalam kategori anak, remaja, dewasa, Cacat Netra. rpz