Pemkab Inhu Distribusikan Bantuan Bibit ke Kelompok Tani


riaupotenza.com
paino

RENGAT (RPZ) - Perluasan lahan persawahan disertai dengan peningkatan sarana dan prasarana menjadi upaya yang ingin terus didorong pemerintah. Termasuk pengembangan ternak sapi, khususnya untuk wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) guna mewujudkan peningkatan hasil komoditi.
 
Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), melalui Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, telah mendistribusikan berbagai bantuan yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi Riau dan APBD Kabupaten Inhu tahun 2018 kepada sejumlah kelompok tani berupa bibit benih padi dan pupuk, akhir pekan kemarin.
 
Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu, Paino SP melalui Kabid Tanaman Pangan & Hortikultura, Yasma Indra SP mengatakan, untuk APBN yang melewati Bidang Tanaman Pangan dan  Hortikultura, ada benih padi jenis R.42 untuk bibit persawahan seluas  215.78 hektar.
 
‘’Bantuan pusat ini telah di distribusikan langsung pada kelompok tani untuk daerah persawahan di wilayah Kecamatan Peranap, Rakit Kulim dan Kelayang sekitar 5 ton lebih,’’ ujar Yasma. 
 
Kemudian, lanjutnya, kelompok tani di Desa Barangan, Rantau Bakung dan Redang, Kecamatan Rengat Barat, juga telah dikucurkan bibit padi sekaligus pupuknya untuk seluas 85 hektar. Anggaran itu, kata Yasma, melalui bantuan APBD Provinsi Riau tahun 2018 yang bertujuan untuk menunjang ekonomi serta persawahan mereka tetap produktif.
 
Bahkan, bantuan dari APBD Provinsi Riau tahun 2018 itu juga meliputi Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura. Dimana Pemkab Inhu mendapat bantuan berupa bibit untuk pengembangan tanaman Cabe seluas 2 hektar, dan arealnya terletak di wilayah Desa Pulau Gelang. 
 
‘’Sementara itu, melalui APBD Kabupaten Inhu juga berupa benih padi untuk bibit yang sekaligus pupuk juga ada kelompok tani persawahan dibantu seluas 100 hektar. Bantuan ini kami distribusiakan ke Kecamatan Kelayang. Akan tetapi, jika kelompok masih ada ingin membutuhkan bibit benih, kami akan tetap mengakomodir dan membina mereka,’’ ucap Yasma.
 
Sementara itu, Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu, Ir Ardiman menyampaikan, ada 90 proposal Kelompok Tani Peternak sedang diusulkan. Sebab, untuk Tahun 2018 ini melalui APBD Provinsi Riau, hanya mendapat bantuan 195 ekor  Sapi, dan Sapi ini akan di bagikan pada 13 kelompok yang terletak di wilayah Kecamatan Seberida, Batang Cenaku, Lubuk Batu Jaya, Kelayang dan termasuk Rengat Barat. 
 
‘’Sedangkan Pusat dapat membantu, hanya 50 ekor ternak Sapi saja yang rencananya akan dilokasikan pada sekitar wilayah sentral Benih Bibit Ikan ( BBI ) daerah Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida,’’ terang Ardiman. 
 
Selain peternak pada kelompok yang ada ternaknya, lanjut Ardiman, nanti melalui bidang Peternakan akan membina pihaknya pada kelompok ternak untuk dapat mengelola limbah ternaknya sendiri dengan cara mengolah menjadi bahan pupuk organik. Sehingga saling dapat di mamfaatkan oleh petani itu sendiri.
 
“Menyoal 90 proposal saat ini, pihak dinas tetap akan memperjuangkan untuk mengusulkan kedepan, baik itu ke Pusat, Provinsi dan Daerah nantinya pada anggaran selanjutnya.Bahkan, dinas juga akan mencoba mengusulkan melalui program Comudity Sosial Respolity ( CSR ) yang berdekatan kelompok tani peternaknya dengan perusahaan. Karena ada salah satu kelompok tani asal dari Desa Tani Makmur, pihaknya akan mengajukan pengajuan bantuan ternak ke PT Inecda Platation Group PT Samsung melalui rekomondasi dinas terkait nantinya,” bebernya.sur