Inilah Sang Juara Iven Pacu Jalur


riaupotenza.com
Panitia memberikan hadiah kepada pemenang pacu jalur uji coba di Kecamatan Gunung Toar.

KUANSING (RPZ) -- Salah satu jalur andalan dari Kecamatan Hulu Kuantan, yakni Palimo Olang Putieh dari Desa Sungai Alah, berhasil menjuarai iven Pacu Jalur Ajang Uji Coba di Tepian Teluk Bayur Desa Gunung, Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi, Sabtu (21/7/2018).

Disaksikan ribuan penonton yang memadati Tepian Teluk Bayur Desa Gunung tersebut, di partai final segitiga ini menyajikan persaingan yang sengit. Penonton pun enggal meninggalkan gelanggang.

Bahkan hilir demi hilir selalu menjadi perhatian, untuk menyaksikan sang juara baru di ajang pacu jalur uji coba Gunung tersebut.

Pada partai final segitiga antara Jalur Palimo Olang Putieh harus menghadapi laga sekandang dengan Jalur Siluncuar Keramat Sakti dari Serosah Hulu Kuantan. Sedang Jalur Kahulu Jantan Danau Kompe dari Benai Kecil memperoleh menang menunggu.

Di laga tersebut berhasil dimenangkan Jalur Palimo Olang Putieh dan harus berhadapan dengan Jalur Kahulu Jantan Danau Kompe dari Benai Kecil yang menang menunggu. 

Di partai final kedua ini, untuk memperebutkan posisi juara I, antara Jalur Palimo Olang Putieh dengan Jalur Kahulu Jantan Danau Kompe yang menang menunggu, ternyata juga dimenangkan oleh Jalur Palimo Olang Putieh.

Dengan demikian, Jalur Palimo Olang Putieh berhasil menjuarai Ajang Uji Coba Pacu Jalur Tepian Teluk Bayur Desa Gunung, dan berhak memperoleh piala bergilir yang direbut dari jalur Tuah Koghi Dubalang Ghajo dari Pintu Gobang Kari Kuantan Tengah Juara 2017 lalu. 

Sementara, untuk memperebutkan posisi kedua, harus saling berhadapan antara Jalur Kahulu Jantan Danau Kompe dengan Jalur Siluncuar Keramat Sakti yang dimenangkan Jalur Siluncuar Keramat Sakti. Otomatis di tempat ketiga ditempati oleh Jalur Kahulu Jantan Danau Kompe.

Juara keempat ditempati Jalur 9 Langkah Putri Samudra, disusul Jalur Singa Kuantan, Jalur Lintah Jalang, Jalur Delima Indah Permata Kuantan, Jalur Rajo Biso Siposan Hitam, Jalur Panglimo Sakti, dan terakhir Jalur Carano Kuansing.

Bupati Mursini meminta warga Kuansing untuk terus melestarikan warisan budaya daerah tersebut. Selain itu iven ini juga sudah menjadi iven kalender nasional yang diperingati setiap tahunnya.

"Kita berharap iven ini akan membawa Kuansing ke dunia internasional. Sehingga semakin banyak wisatawan datang ke sini (Kuansing,red)," harapnya.cil