Muhammad Ridho, Antitesis Pemuda Kampar Masa Kini


riaupotenza.com
M Ridho

BANGKINANG (RPZ) - Meski masih sangat muda, Muhammad Ridho sudah memantapkan diri terjun ke dunia politik. Saat ini Ridho masih berusia 23 tahun. Biasanya, pemuda sebelia itu, masih jarang yang prihatin hingga berfikir ingin berbuat dan mengabdi untuk merubah keadaan masyarakat agar lebih baik.

Di saat pemuda seusianya masih gemar main dan kongkow-kongkow atau nongkrong bersama teman-temannya, tapi Ridho sudah memiliki pemikiran maju dan berfikir bagaimana berbuat untuk sesama. Oleh karnanya, sosok Ridho bisa disebut sebagai sosok antitesis pemuda Kampar masa kini.

Diakui Ridho, dirinya memang masih minim pangalaman di panggung ini. Akan tetapi, dia memiliki  semangat yang tinggi untuk mau belajar dan terus menimba pengalaman, menempa dirinya untuk lebih baik dari waktu ke waktu jika nanti  berkarir di dunia politik Kabupaten Kampar.

Kata dia,  kiprah kaum muda di panggung politik, khususnya di Kabupaten Kampar masih terbilang minim. Sementara banyak anak muda yang memiliki potensi luar biasa untuk memperbaiki kondisi daerah dan masyarakatnya.

"Saya maju menjadi Caleg lewat PKB  untuk berbuat dan membantu maasyarakat. Karena selama ini saya masih melihat aspirasi masyarakat belum begitu maksimal diperjuangkan oleh para wakil rakyat yang duduk di perlemen," ujarnya kepada media ini, Jumat (20/7/2018) di Bangkinang Kota.

Dijelaskan dia, para pemuda dalam berjuang memiliki motivasi yang jauh lebih besar jika dibanding para senior. Selain untuk menunjukkan jati diri, motivasi berlebih itu juga disebabkan oleh idealisme yang masih murni.

"Para pemuda belum  terkontaminasi oleh berbagai kepentingan, sehingga idealisme masih terjaga," klaim Ridho.

Ridho, perjuangan para pemuda khususnya dalam dunia politik di Kabupaten Kampar dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hal ini dinilainya positif. Sebab, ini menandakan kaum muda di Kabupaten Kampar  tidak lagi apatis dengan kondisi sosial masyarakat.

"Para pemuda harus membuang jauh sikap apatis terhadap dinamika sosial kemasyarakatan di daerah kita. Untuk itu, pemuda harus tampil dan ikut memberikan dampak pada kehidupan sosial masyarakat kita," tegas Ridho.

Hanya saja, lanjut dia, animo yang tinggi para pemuda seperti dirinya yang ingin berkecimpung dalam dunia politik ditantang untuk menjaga idealismenya. Jangan sampai terkontaminasi intrik dan permainan-permainan buruk dunia politik yang mudah menjerumuskan pelakunya pada tindakan-tindakan yang dibenci oleh masyarakat seperti inkar janji dan korupsi.

"Biasanya, pemuda yang ikut dunia politik ini akan menghadapi sikap sinisme dari kebanyakan masyarakat, masih muda, bisa bikin apa'. Tapi saya ingin buktikan niat saya baik dan saya akan senantiasa berusaha istikomah," janji Ridho.

Ditambahkannya, sikap sinisme masyarakat itu tidak sepenuhnya salah, sebab, banyak para pemuda yang kurang konsisten baik di kehidupan sosial maupun di panggung politik.

Ridho mencontohkan, di kehidupan sosial banyak pemuda dewasa ini yang justru terlibat dalam penyelahgunaan narkoba, tindak kriminal, ngebut-ngebutan hingga ada pula yang ikut geng motor atau terlibat dalam berbagai macam penyakit masyarakat lainnya.

"Saya ingin membuktikan, walau masih muda tapi saya memiliki cita -cita yang baik. Saya akan berusaha konsisten dalam jalan pengabdian. Saya ingin mengajak rekan-rekan  kaum muda untuk berbuat hal-hal yang positif bagi diri, keluarga dan masyarakat. Tentu, saya akan buktikan terlebih dahulu, dengan begitu orang-orang akan melihatnya.  Harapan saya, akan ada yang mengikuti langkah saya," tutur Ridho.

Dapat kami informasikan juga, saat ini Muhammad Ridho sudah tercatat sebagai Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kampar dari Daerah Pemilihan (Dapil) I yang meliputi Kecamatan Bangkinang Kota, Bangkinang, Salo, Kuok, XIII Koto Kampar hingga Kecamatan Koto Kampar Hulu dengan nomor urut 2. naz