Kadus Dipaksa Berhenti, Ini Kata Kades


riaupotenza.com
Yuhelmi

PINGGIR (RPZ) - Seorang kepala Dusun II Bhatin Tomat bernama Darisman dikeluarkan oleh kepala desa Semunai, Umar B. Adapun pasalnya,  kadus tersebut diduga tak memiliki ijazah. 

Rina anak Dariman kepada Posmetro Mandau mengatakan,  bahwa pemecatan orang tuanya itu sesuka kepala desa karena tidak ada perbincangan lebih dulu. Memang diakuinya kalau orang tuanya tidak tamat sekolah. 

Cuma ia sempat berkoordinasi dengan Sekcam Pinggir,  Sutrisno bahwa kadus itu masa jabatannya tidak ada limitnya terkecuali kalau sudah berumur 60 tahun ia tidak bisa menjadi kadus lagi. "Sekarang ini umur orang tua saya belum sampai 60 tahun kok sudah dipecat dan digantikan oleh orang lain, " tanyanya. 

Kepala Desa Semunai, Umar B ketika dikonfirmasi Posmetro Mandau melalui sambungan seluler  membenarkan kalau Darisman itu dikeluarkan karena tidak tamat sekolah. Karena syarat untuk jadi kadus sekarang ini harus punya ijazah dan itu sesuai aturan yang berlaku. 

Sementara Kepala Badan PMD Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi menjelaskan, bahwa kalau masalah SK Kadus itu tidak ada massa limitnya. Yang bisa memberhentikan kadus itu dia mengundurkan diri atau umurnya sudah masuk ke 60 tahun. Seharusnya permasalahan ini didudukan bersama dan diambil jalan tengahnya. Mat