Pengelolaan APBD 2018

PUPR dan Disdik Riau Ada Temuan BPK


riaupotenza.com
Arsyadjuliandi Rachman

PEKANBARU (RPZ) - Pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 Riau, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) temukan kelalaian pada 2 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akhirnya menjadi temuan. Yaitu Dinas PUPR Riau dan Dinas Pendidikan Riau.

Sesuai informasi yang dirangkum PPG di lapangan, temuan yang ditemukan BPK tersebut untuk Dinas PUPR terjadi pada proyek penbangunan jalan, sedangkan untuk Dinas Pendidikan terkait Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang saat ini dalam proses pihak BPK.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjiliandi Rachman mengaku sudah menegaskan kepada OPD terkait untuk segera menindaklajuti dan segera menyelesaikan permasalahan tersebut untuk diperbaiki. Sehingga kedepannya tidak ada lagi kelalaian dalam penggunaan APBD.

Bahkan katanya, untuk penyelesaian temuan BPK ini, ia juga telah meminta pihak Inspektorat untuk segera memfollow-up agar kejadian ini dapat menjadi moment kedepan khususnya pada satker lain untuk lebih berhati-hati.

“Kita sudah koordinasikan, baik pada OPD terkait maupun pada Imspektorat untuk segera ditindaklajuti,” kata Gubri yanh akrab disapa Andi Rachman, Rabu (12/7).

Hal itu juga diakui Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, jika temuan pengelolaan APBD 2018 ini sudah ditindaklajuti sebagaimana mestinya, bahkan tindak lanjut itu sudah disampaikan ke DPRD Riau pada Kamis 5 Juli 2018 lalu yang telah dibahas bersama-sama. 

Selain itu katanya, untuk memperbaiki kesalahan dan mengantisipasi tidak terjadi lagi, pihaknya juga sudh membuat rencana aksi pengelolaan anggaran, dimana perencanaan itu juga telah ditandatangani oleh Gubernur Riau. “Memang untuk temuan kali iji terjadi pada 2 OPD yaitu PUPR dan Disdik Riau, namun sudah diperbaiki mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah dapat dituntaskan,” katanya.

Ia juga mengakui, kelalaian seperti ini hampir tiap tahun terjadi, tapi di tahun 2018 ini jauh berkurang jika dibandingkan tahum sebelumnya. Artinya kesalahan-kesalahan yang terjadi bisa diantisipasi dengan baik dan bisa diatasi untuk tidak lagi terjadi kedepanya.

“Ini juga merupakan moment bagi kita, mudah-mudahan kedepan permasalahan seperti ini benar-benar bisa diatasi dengan baik dam maksimal,” tutupnya.ppg