Wabup pada Syukuran Hari Bhayangkara ke 72

Polisi Jangan Pernah Lengah


riaupotenza.com
Kapolres Rohil, saat memberikan piagam penghargaan kepada pensiunan polisi, dalam acara syukuran HUT Bhayangkara ke-72 Tahun.

UJUNGTANJUNG (RPZ) - Usai mengadakan upacara, Polres Rohil melanjutkan acara syukuran, Rabu (11/7) sekira pukul 10.00 WIB di aula Tunggal Panaluan Polres Rohil.

Dalam acara itu, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Tito Karnavian. Dalam amanat itu Kapolri menjelaskan sejumlah hasil survei yang menunjukkan peningkatan kepercayaan publik terhadap kinerja Polri.

Dia mengatakan, implementasi program kerjannya Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) telah menunjukkan hasil yang baik.  Menurutnya, kepercayaan publik terus meningkat dan Polri telah menembus peringkat ketiga untuk institusi yang dipercaya masyarakat.

“Polri yang pada tahun 2016 termasuk dalam tiga institusi paling tidak dipercaya publik, kini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga, telah berada pada tiga besar lembaga dengan kepercayaan publik terbaik,” ujar Sigit, seperti disampaikan Kapolri Tito Karnavian dalam amanatnya.

Dia kemudian membeberkan hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga, antara lain Litbang Kompas pada akhir Juni 2016 menyatakan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri di angka 63,2 persen. Perolehan itu meningkat satu tahun berselang ke angka 70,2 persen. Perolehan meningkat ke angkat 82,9 persen pada 2018.

“Hasil ini mengindikasikan bahwa 82,9 persen warga Indonesia percaya kepada Polri, tertinggi semenjak era reformasi,” katanya.

Selanjutnya, survei Populi Center pada Agustus 2017 menunjukkan tingkat kepercayaan publik pada Polri di angka 67,6 persen. Demikian pula survei yang dilaksanakan Alvara Research Center pada Mei 2018 yang menyatakan 78,8 masyarakat puas dengan kinerja Polri.

Tidak hanya itu, Sigit melanjutkan, bahwa hasil survei dari luar negeri yakni The Gallup Organization melalui 2018 Global Law and Order Survey mengungkap jika Indonesia berada pada peringkat kesembilan negara teraman di dunia. “Tentunya dengan adanya peningkatan akan bisa menambah semangat kita sebagai Polri untuk meningkatkan semangat kerja,” paparnya.

Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiluddin merespons positif kinerja Polri, khususnya untuk Kabupaten Rohil. “Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada anggota Polri, khususnya Polres Rohil yang dengan penuh kesungguhan dalam menjalankan tugas,” ujar Jamil.

Jamil meminta, agar seluruh jajaran Polri di Polres Rohil tidak berpuas diri terhadap hasil kerja dan prestasi yang diperoleh. Menurutnya, banyak tantangan yang harus dihadapi mendatang. 

Salah satunya adalah pengamanan jelang dan saat penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, bulan depan. 

Ia juga mengingatkan proses Pemilihan Legislatif yang sudah dimulai serta proses pemilihan Presiden 2019 yang bakal dimulai bulan depan. Belum lagi permasalahan terkait narkotika, perampokan, hingga ancaman terorisme yang menargetkan aparat Polri dalam aksinya. “Jangan pernah lengah, tetap sigap dan teruslah waspada dalam mengerjakan tugas,” papar Jamil.

Tidak lupa Jamil mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke-72 tahun kepada seluruh personil, khususnya kepada Polres Rohil. “Saya juga mengucapkan terimakasih kepada peraonil Polisi dan TNI yang selalu bersinergi dalam memadamkan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di daerah Rohil ini. Semoga dengan Ultah ke-72 tahun akan membuat kita aemua lebih baik kedepannya,” tutup Jamil. 

Dalam acara itu, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH didampingi istrinya selaku Ketua Bhayangkari menyempatkan diri memberikan nasi tumpeng kepada perwakilan personil. Selain itu, Kapolres juga memberikan piagam penghargaan kepada pensiunan polisi yang pernah bertugas di jajaran Polres Rohil.fen