Aneh! Harga Kelapa Bulat Menukik, Berbeda di Setiap Kecamatan di Meranti


riaupotenza.com
Net

SELATPANJANG(RPZ)-Tampaknya telah terjadi perbedaan harga dengan selisih yang sangat tinggi terhadap harga jual kelapa bulat di Meranti. 

Dari hasil penelusuran Pekanbaru Pos, harga jual kelapa bulat di Desa Tanjung Samak, Kecamatan Rangsang tidak sama di wilayah lainnya di Kepulauan Meranti. 

Jika di Ibukota Kecamatan Rangsang itu harga jual kelapa bulat di tingkat pengepul hanya Rp350 perkilogramnya, sepertinya sangat berbeda di Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir yakni, sebesar Rp800 per kilogramnya.

Seperti yang diakui oleh Nyoto, salah seorang petani kelapa di Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir. Menurutnya saat ini harga kelapa diwilayahnya sangat rendah yakni Rp800 perkilogramnya.

"Harga kelapa bulat saat ini turun lagi pak. Perkilogramnya hanya tinggal Rp 800 perkilogramnya ditingkat pengepul. Sebelumnya mencapai Rp1.400 perkilogramnya," kata dia.

Disamping rendahnya harga jual kelapa bulat di desanya, nyoto sangat terkejut ketika mendengar informasi harga jual kelapa bulat di wilayah Desa Tanjung Samak, berkisar Rp350 perkilogramnya.

"Masa iya hanya Rp350 per kilogramnya. Mana bisa dijual segitu. Sebagai petani kita tak dapat duit, malah bisa tekor," ujarnya.

Sebab biaya untuk menurunkan kelapa, dan membawanya ke pengepul, bisa mencapai Rp400 per kilogramnya. Jadi jika penampung hanya membeli Rp350, petani akan mengalami kerugian.

"Kalau segitu (Rp 350/kilogramnya), kita jadi nombok pak. Tidak mungkin kita jual," ujarnya.(Wira)