Harga Jual Rp. 3,300 Turun Menjadi Rp.300

Di Meranti Petani Kelapa Terancam, Harga Jual Turun Tajam


riaupotenza.com
Net

SELATPANJANG(RPZ)-Harga jual kelapa bulat di Kabupaten Kepulauan turun drastis dari harga normal Rp. 3,300 menjadi Rp. 350 per-kilogramnya. 

Memang anjloknya harga jual kelapa bulat tersebut terjadi secara bertahap. Dari informasi yang dihimpun, harga kelapa bulat Di Meranti sebelum lebaran Idulfitri kemarin masih berkisar pada Rp. 1,700.

"Dulu harga jual normalnya bisa mencapai Rp.3,000 hingga Rp. 3.300. Namun masuk pada awal tahun nilai jual kelapa bulat terus turun, dan dua minggu terakhir turun lagi hingga Rp. 350," ungkap, Petani Kelapa Tanjung Samak, Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti, Kunting.

Dia mengaku dengan harga sebesar itu membuatnya tidak untung. Karena operasional untuk mengambil dan mengantar kelapa ke kilang, ia harus merogoh kantong sebesar Rp400.

"Artinya, kami tidak untung. Jika kami jual malah mengalami kerugian," Selasa (10/7/18) sore, keluhnya.

Khawatir dengan kondisi tersebut, para petani pun mengaku telah mendatangi kantor camat setempat. 

"Kami telah mengadu ke Kantor Camat, saat ini mereka berupaya lakukan komunikasi dengan dinas terkait untuk mencari jalan keluar," ungkapnya. 

Setelah mengadu ke Pemerintah Kecamatan Rangsang, dia berharap agar bisa membantu menaikkan harga jual kelapa ini. Sehingga membantu petani.(Wira)