Nasib Jalan Yang Pernah "Diblokade" Sempak, Kini Ditanami Belasan Pohon


riaupotenza.com

SELATPANJANG(RPZ)-Gerah dengan kondisi jalannya rusak parah, warga Jalan Antara, Desa Banglas, Kabupaten Kepulauan Meranti ini kembali tanami belasan pohon di sepanjang badan jalan depan rumah mereka.

Pantauan wartawan, Selasa (10/7/18) siang di lokasi, kurang Hblebih sekitar 800 meter panjang jalan tersebut kini semakin meyulitkan akses warga. Setidaknya terdapat 19 pohon yang ditanami warga, mulai dari jenis pohon Pinang, Mangga, hingga pohon Kelapa.

Ketua RT3-RW2, Desa Banglas, Kabupaten Kepulauan Meranti Zaini, mengungkapkan, aksi tersebut adalah satu bentuk kejenuhan warga terhadap kondisi jalan yang tidak kunjung diperbaiki. 

"Ini aksi, murni dilakukan oleh warga. Tidak ada yang memberikan mereka arahan. Warga kami di tiga RT di Desa Banglas ini sudah jenuh dengan kondisi jalan yang seperti ini, terlebih janji janji pemerintah," ungkapnya. 

"Jalan ini sangat layak dibangun, karena dibangun zamannya sebelum Kabupaten Meranti mekar, yakni masih di era Kabupaten Bengkalis," tambahnya. 

Di sisi lain seorang warga desa setempat yang kerap dipanggil Sucipto juga mengeluhka hal yang sama. Menurutnya disepanjang jalan ini tidak hanya ditanami pohon, beberapa hari sebelum ini masyarakat juga sempat menggantung sempak. 

Menyikapi pemandangan yang tidak mengenakkan tersebut juga sempat menjadi perhatian dari dinas terkait. 

"Gntung sempak juga kami, menanggapi itu Dinas PU pun telah datang ke lokasi dan memberikan sedikit biaya perbaikan namun tidak semua. Kalau tidak salah yang diperbaiki hanya 150 meter saja," ungkapnya. 

Jauh sebelum ini, Pemerintah juga telah berjanji jika awal 2018 ini jalan ini akan dibangun, asalkan warga setempat mau mengibahkaan sedikit lahannya agar jalan tersebut dapat diperlebar. 

"Setelah warga menandatangani surat pernyataan dan menyetujui keinginan pemerintah daerah hingga saat ini belum juga diperbaiki dan di bagun," ujarnya.(Wir)