Latih UKM, Hadirkan Tim dari BPPT Pusat

SAA Bantu Mesin Pengelola Sagu untuk UKM di Pekanbaru


riaupotenza.com
Sayed Abubakar Assegaf bersama tim ahli dari BPPT saat melakukan simulasi penggunaan mesin pengelola sagu di hadapan peserta pelatihan UKM.

PEKANBARU (RPZ) - Anggota Komisi VII DPR RI, Sayed Abubakar Assegaf (SAA) membantu mesin pengolahan sagu menjadi beras dan mie untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Pekanbaru. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh SAA saat memberikan pelatihan pada seluruh pengelola UKM se-Kota Pekanbaru, akhir pekan lalu di Hotel Premier Pekanbaru.

Menurut SAA, bantuan mesin pengelola sagu ini merupakan salah satu aspirasi masyarakat untuk meningkatkan pengembangan usaha ke depan, dimana mesin ini mampu memberikan kemudahan dan meningkatkan hasil pengelolaan sagu bagi UKM.

Selain memberikan bantuan mesin, anggota DPR Fraksi Demokrat dari Dapil Riau I ini juga memberikan pelatihan pengembangan usaha bagi pengusaha UKM. Dimana untuk pelatihan ini SAA menghadirkan tim ahli dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) RI yang langsung dihadiri Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPT RI, Soni Sulistia Wirawan.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari ini disambut baik ratusan pengusah UKM se-Kota Pekanbaru. SAA mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada pengusaha dalam mengembangkan usaha untuk meningkatkan perekonomian ke depan. Terutama terkait ilmu pengetahuan untuk pengembangan usaha lebih baik.

"Yang pasti prgram ini tujuannya bisa meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam memgembangkan usaha serta meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat yang bergerak di bidang UKM ini," tutur SAA.

Sementara Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPT RI, Soni Sulistia Wirawan mengatakan, pelatihan yang diberikan tentang bagaimana pola pengembangan usaha lebih baik, terutama pada saat ini yang teknolginya serba canggih. Salah satunya dalam memasarkan produk yang bisa dikembangkan pada tingkat nasional maupun internasional.

"Jadi pelatihan saat ini kita mentransfer ilmu teknologi dan juga saling berbagi ilmu kepada kelompok UKM di Kota Pekanbaru ini," jelasnya

Sebagai pihak BPPT katanya, program ini sangat bagus untuk pengusaha UKM, sehingga untuk meningkatkan usaha kedepan pengusaha tidak hanya fokus produksi, tapi juga mantap dalam pemasaran yang bisa mememafaat kecanggihan teknologi saat ini.

"Ini sangat bagus, kita juga mengucapkan terimakasih kepada SAA dan peserta pelatihan dari UKM Kota Pekanbaru yang sudah berkenan mengikuti pelarihan ini," katanya.

"Kegiatan ini terselenggara berkat usulan dan perjuangan Pak SAA yang sangat peduli dengan kelompok UKM di Propinsi Riau, makanya tim BPPT turun langsung ke Kota Pekanbaru," tutupnya.

Dalam kegiatan ini SAA juga didampingi Pengurus DPD Demokrat Propinsi Riau, Titin Sulistiadiningrum yang juga Calon Legislatif dari Dapil Kota Pekanbaru untuk DPRD Propinsi Riau.(dre)