Begini Alur Seleksi CPNS 2018 yang Bakal Dibuka


riaupotenza.com

JAKARTA (RPZ) - Pemerintah berencana membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah melakukan persiapan untuk seleksi CPNS tersebut.
 
Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pada seleksi CPNS tahun ini pemerintah akan melakukan dengan sistem yang terintegrasi. Contohnya dalam tahap pendaftaran hanya satu pintu melalui situs sscn.bkn.go.id.
 
“Nggak peduli itu daerah maupun pusat tetap mekanisme online pendaftarannya melalui sscn.bkn.go.id. Lalu seleksi kompetensi bidang (SKB) juga di bawah koordinasi BKN. Minimal di setiap provinsi ada 1 lokasi tes,” kata Ridwan, Senin (9/7).
 
“Jadi daerah nanti diharapkan untuk mengumpulkan soal untuk SKB itu ke BKN. Karena tes SKB-nya juga pakai CAT. Basisnya pakai CAT BKN. Integrasinya itu,” sambung dia.
 
Sedangkan untuk alur seleksi, kata Ridwan, tidak jauh berbeda dengan pembukaan lowongan CPNS pada 2017 lalu. Mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi kompetensi bidang.
 
“Nanti akan dilakukan seleksi administratif, oleh kementerian, lembaga, atau daerah masing-masing. Dari yang lulus seleksi administrasi, kita minta untuk ikuti SKD (seleksi kompetensi dasar) dengan CAT BKN, setelah itu ada SKB yang sebagian besar di daerah wajib pakai CAT BKN,” ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (Humas) Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan proses validasi untuk menghitung kebutuhan formasi CPNS 2018 yang akan dibuka.

“Waktu proses validasi ini kan kita tidak ada target waktu tertentu. Jadi tidak ada target, cuma lebih kepada proses yang hati-hari yang cermat, sehingga nanti formasi yang keluar sesuai kebutuhan,” tuturnya. 

Berbeda dari Tahun Lalu
 
Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kepegawaian pada 11 Juli 2018. Dalam rapat tersebut, salah satu pembahasan utama dalam Rakornas tersebut ialah mengenai seleksi lowongan CPNS 2018.
 
Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pembahasan tentang CPNS dilakukan untuk memperluas pemahaman masyarakat mengenai seleksi yang akan dilakukan, yakni secara terintegrasi.
 
“BKN selaku Ketua pelaksana kegiatan penyelenggaraan rekrutmen CPNS tahun 2018 akan menggunakan sistem seleksi CPNS terintegrasi yang akan memangkas alur penyelenggaraan seleksi, salah satunya dalam mekanisme pendaftaran,” kata Ridwan dalam keterangannya, Jakarta, Senin (9/7).
 
Ridwan mengatakan, jika pada tahun sebelumnya, pendaftar seleksi CPNS pada sejumlah instansi masih harus membuka dua portal saat akan registrasi, kini proses pendaftaran hanya berfokus pada portal SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional).
 
“Demikian juga nantinya dalam pelaksanaan seleksi hanya akan digunakan satu sistem seleksi yakni Computer Assissted Test (CAT-BKN) yang dari hari ke hari semakin memikat kepercayaan publik karena obyektivitas dan transparansi yang mampu dibuktikan dalam penyelenggaraan seleksi yang difasilitasinya selama ini,” kata dia.
 
Seperti diketahui, saat ini pemerintah berencana membuka kembali lowongan CPNS 2018. Saat ini, Kementerian PAN-RB masih terus menghitung jumlah formasi yang dibutuhkan untuk lowongan 2018 ini.dtc