Final, 81 Orang JCH Asal Meranti Berangkat Awal Agustus


riaupotenza.com
Ilustrasi

SELATPANJANG(RPZ)-Dari 90 orang calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Kepulauan Meranti, jumlah final yang dinyatakan berangkat oleh Kemenag Meranti sebanyak 81 orang jemaah calon haji (JCH). 

Terkait masuk Embarkasi mana, yang jelas pihak kemenag belum bisa memastikan. Pasalnya hingga hari ini belum ada keputusan atau petunjuk dari Kemenag Riau. 

"Finis, dari 90 orang calon jemaah yang diantaranya empat orang cadangan sebelumnya, sebanyak 81 orang dinyatakan akan berangkat. Namun penetapan embarkasi masih menunggu petunjuk dari Kemenag Provinsi Riau," ujar Kasi Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Meranti Drs H Darwison MA melalui Kasi Haji Hasbullah. 

"Biasanya Embarkasi Batam, namun keputusannya kita tunggu saja petunjuk dari mereka," tambah Habullah kepada Pekanbaru Pos, Minggu (8/7/18) siang  

Untuk jadwal keberangkatan menurut Hasbullah besar kemungkinan akan terbang pada awal Agustus 2018 mendatang. 

Untuk proses manasik haji terakhir akan digelar oleh Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti pada 12 Juli 2018 mendatang. Sedangkan masik yang dilaksanakan oleh pihaknya di kecamatan sudah dilaksanakan jauh sebelum ini. 

"Selain Manasik yang kami gelar, kami juga telah melakukan praktik imunisasi serta pemeriksaan kesehatan lainnya. Sehingga mereka sudah bisa diberangkatkan ke Batam jelang berangkat ke Tanah Suci Mekkah," ujarnya. 

Terkait JCH usia rentan atau lanjut, Hasbullah mengatakan blada yamg berusia 88 tahun dan peserta dengan usia termuda 39 tahun. Namun meskipun ada peserta yang lanjut usia, Hasbullah mengatakan yang bersangkutan bisa menjalankan ibadah. Apalagi sudah mengikuti pemeriksaan kesehatan dan juga di imunisasi.(Wira)