39 Kapal Berkobar, Pelabuhan Benoa Bali Terbakar


riaupotenza.com

DENPASAR (RPZ) – Pelabuhan Benoa di kota Denpasar, Bali, kebakaran hebat pada Senin, 9 Juli 2019. Api berkobar diketahui sejak dini hari pukul 2.30 Wita dan belum dapat dipadamkan sampai Senin siang.

Badan SAR Nasional atau Basarnas setempat melaporkan, sekurang-kurangnya sudah 39-40 unit kapal terbakar dalam peristiwa itu. Api masih berkobar disertai kepulan asap pekat di antara kapal-kapal nelayan di sana.

Tim pemadam kebakaran setempat sudah berusaha memadamkan api sejak dini hari tadi tetapi belum berhasil hingga berita ini ditulis. Petugas mengakui kesulitan memadamkan kobaran api karena diduga terdapat banyak bahan bakar minyak di kapal-kapal yang terbakar.

"Asap masih mengepul karena angin kencang sehingga agak kesulitan pamadamannya. Anginnya sangat kencang," kata Kepala Basarnas Bali, Ketut Gede Ardana, dalam perbincangan dengan tvOne pada Senin siang.

Ardana melaporkan, sejauh ini, berdasarkan koordinasi dengan instansi terkait, tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam insiden itu. Namun aparat akan memperbarui lagi informasi seputar itu setelah kobaran api dapat dipadamkan.

Ini Sumber Kebakaran 39 Kapal di Benoa Bali
Kepala Bidang Penanggulangan Kedaruratan Provinsi Bali Ida Bagus Yoga mengatakan, data sementara yang dikumpulkan, kapal yang terbakar di Pelabuhan Benoa, Bali berjumlah 39. Dari jumlah tersebut, sembilan kapal sudah berhasil dipadamkan.

Yoga menyebut, kebakaran terjadi pada pukul 02.30 WITA itu bersumber dari sebuah kapal dan langsung menyambar ke kapal lain yang tengah parkir. "Sumber api itu dari salah satu kapal nelayan," ucap Yoga dalam wawancara dengan tvOne, Senin 9 Juli 2018.

Yoga mengatakan, sebanyak 12 unit pemadam kebakaran dari berbagai instansi sudah dikerahkan ke lokasi. Menurut dia, butuh beberapa jam lagi agar seluruh api bisa dipadamkan.

"Paling sulit dipadamkan karena kapal berisi BBM, di mana sewaktu-waktu jika kapal sudah padam api bisa muncul kembali," kata dia. Tim Inafis Polda Bali, lanjut Yoga sudah turun ke lokasi untuk mengetahui penyebab kebakaran.(rpz)