Peran Keluarga, Pilar Utama Dalam Pembangunan


riaupotenza.com
Zulkifli

DUMAI (RPZ) - Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi menghadiri puncak  peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2018. Harganas di taja oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara dan dibuka langsung oleh Presiden RI, akhir pekan (7/7/2018). 

Kehadiran Walikota di Manado didampingi Istri Hj Haslinar yang juga sebagai Ketua TP PKK Kota Dumai dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Dumai Yusrizal.  Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. 

Peringatan Hari Keluarga Nasional menjadi sangat penting dan strategis, mengingat peran keluarga sebagai pilar utama dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera.  Tahun 2018 ini merupakan Hari Keluarga Nasional XXV, yang memiliki semangat untuk meraih Indonesia emas tahun 2045.

Harganas 2018 mengusung tema “Hari Keluarga: Hari Kita Semua”  dengan tagline Cinta Keluarga Cinta Terencana. Tagline tersebut bermakna bahwa peringatan Hari Keluarga Nasional merupakan momen untuk mengingatkan kembali pentingnya mencintai keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga dengan baik. 

''Peringatan Harganas memiliki tujuan meningkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta, tentang pentingnya penerapan 8 fungsi keluarga (agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan  lingkungan,'' ujar Walikota Dumai melalui Plt Kabag Humas Riski Kurniawan.

Selain itu juga katanya, untuk pembentukan karakter sejak dini, guna mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera. Ada empat konsep pendekatan keluarga yang digunakan pada Harganas XXV 2018. Pertama Keluarga Berkumpul, yaitu meluangkan waktu tanpa disibukkan dengan gawai (gadget), televisi, atau alat elektronik lainnya. Kedua Keluarga Berinteraksi, dengan meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkrama, serta saling tukar pengalaman dengan komunikasi yang lebih berkualitas.

''Ketiga Keluarga Berdaya, di mana keluarga mampu memanfaatkan potensi yang dimilikinya untuk membuat diri dan keluarganya tidak bergantung pada pihak lain,'' jelasnya. 

Terakhir Keluarga Peduli dan Berbagi, di mana keluarga yang mampu dan lebih beruntung mempunyai kepedulian dan keinginan untuk berbagi dan menolong orang lain. 

Walikota Dumai H Zulkifli AS juga sangat menyambut baik kegiatan tersebut dan mengucapkan selamat memperingati Harganas ke XXV tahun 2018. Dalam acara tersebut, juga akan diserahkan penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Cipta Karya Kencana, dan Darma Karya Kencana dari BKKBN. Pemko Dumai juga dijadwalkan akan menerima salah satu penghargaan yakni Posyandu Terbaik Tingkat.mdi