Ternyata Otak Pelaku Pembunuhan Aktivis Kades Sialang Godang


riaupotenza.com
Kades Sialang Godang inisial A, SE ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan aktivis Daud Hadi bersama Sekdes dan dua pelaku lainnya.

PANGKALANKERINCI (RPZ) - Setelah melakukan pengembangan penyelidikan akhirnya tim opsnal Polres Pelalawan berhasil mengungkap semua pelaku pembunuhan aktivis lingkungan, Daud Hadi. Ternyata otak pelaku pembunuhan tersebut diduga Kepala Desa Sialang Godang inisial A SE alias Ari. 

Kini pucuk pimpinan desa tersebut sudah ditangkap dan ditahan bersama tersangka lainnya yakni Sekdes Sialang Godang inisial TS alias Temi dan S alias Isap selaku eksekutor. 

‘’Setelah dilakukan pengembangan diperoleh fakta bahwa ada keterlibatan tersangka lain yaitu Kepala Desa Sialang Godang atas nama Sdr A, SE als Ari bin Salim,’’ kata  Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIk didampingi Kasat Reskrim AKP Teddy Ardian SH SIk, Ahad (8/7/2018).

Ditetapkannya Kades Sialang Godang terlibat dalam kasus pembunuhan yang menghebohkan Kabupaten Pelalawan 3 bulan lalu ini, sebut Kasat Reskrim karena ditemukan dua alat bukti. ‘’Kades ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan guna proses penyidikan hokum selanjutnya karena telah ditemukan sedikitnya 2  alat bukti,’’ papar Teddy.

Hanya saja Kasat Reskrim belum bersedia membeberkan alat bukti apa saja yang telah ditemukan sehingga menjerat pejabat nomor satu di Desa Sialang Godang diiinapkan di Situmbin Polres Pelalawan. ‘’Nanti kita ekspos kembali karena kita masih dalami setiap kemungkinan yang ada,’’ ujar Kasat.

Daud Hadi  dibunuh orang tak dikenal pada Selasa (10/4/2018)  lalu sekira pukul 03.15 WIB, bertempat di rumahnya yang berada di Kantor BUMDes  Desa Sialang Godang Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten  Pelalawan.

Lalu, polisi berkerja keras untuk mengungkap siapa pembunuh sadis terhadap Daud Hadi sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/08/IV/2018/Riau/Res Pllwn/Sek Bunut, tanggal 10 April 2018.

Setelah kurang dari 4 bulan kerja keras polisi telah membuahkan hasil dan telah diperoleh bukti yang kuat terhadap terduga pelaku dan telah ditangkap 2 orang tersangka inisial S alias  Isap Bin Rahman (Alm). Tersangka 1 berperan sebagai Eksekutor dan Sekdes Sialang Godang T S Als Temi Bin Jamil (Alm) tersangka  2 berperan sebagai pengguna jasa Eksekutor .

Dan satu lagi pelaku masih DPO. Pembunuhan berencana yang mengancam pelaku 20 tahun penjara ini bermotif dendam dan rasa benci terhadap aktivis yang dikenal kritis terhadap kebijakan desa yang tidak memihak kepada masyarakat. Alhasil, otak pelaku mencari eksekutor yang dengan bayaran cukup tinggi yakni Rp 10 juta untuk membungkam korban untuk selamanya.

Korban Daud meninggal bersimbah darah dengan beberapa loka tusukan dibagian telinga dan tubuh lainnya.amr