Cegah Karhutla, Pemkab Pelalawan Lakukan Ini


riaupotenza.com
Kasat Pol PP dan Damkar Pelalawan H Abdul Bakar FE S Sos MAp sedang memberikan materi pengendalian api di PT MM.

PANGKALANKURAS (RPZ) - Pencegahan dan pengendalian kebakaran lahan sudah menjadi keharusan bagi seluruh masyarakat. Untuk itu pihak perusahaan  memiliki kewajiban menjaga lahan sendiri. Sementara masyarakat bebas api (MPA) juga diharap berperan penting mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Terkait hal ini, Satpol PP  dan Damkar Kabupaten Pelalawan langsung turun gunung memberikan pelatihan pencegahan dan pengendalian kebakaran lahan dan hutan di PT Musim Mas (PT MM).

'’Ya saya bersama tim langsung turun memberikan pelatihan serta simulasi kepada karyawan PT Musim Mas dan masyarakat bebas api. Pelatihan serta simulasi tersebut berguna dalam rangka untuk mengantisipasi dan mengendalikan kebakaran hutan dan lahan supaya tidak menjadi besar dan meluas,’’ jelas Kasatpol PP dan Damkar H Abu Bakar Fisda Eli  SSos MAP, Ahad (8/7/2018).

Kasat Pol PP dan Damkar yang mengapresiasi kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Batang Kulim Kecamatan Pangkalan Kuras sebagai upaya meminimalisir ketika terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Simulasi  mengendalikan api langsung ditunjukkan oleh Kasi Ops Damkar Suyanto dan  anggota Damkar  Rusdi Susandi SPd dengan menggunakan peralatan damkar yang ada. 

‘’Harapan kita agar seluruh peserta yang hadir memahami dan cepat tanggap dalam menghadapi kebakaran hutan dan  lahan di wilayah kerja mereka,’’ papar Abu.amr