Ada Pria Kepergok Pramugari Merokok di Toilet Lion Air


riaupotenza.com

MEDAN (RPZ) – Seorang penumpang maskapai penerbangan Lion Air nomor penerbangan JT 131, rute Medan-Padang, kepergok pramugari saat sedang merokok di dalam pesawat. Pria itu nekat merokok di dalam toilet ketika pesawat sedang mengudara di angkasa.

Penumpang itu bernama Arvino Gema Satrya. Dia langsung diamankan otoritas Bandara Internasional Minangkabau (BIM), usai mendarat di bandara tersebut.

"Yang bersangkutan diamankan usai mendarat di BIM. Ia kedapatan merokok di dalam toilet oleh kru pesawat. Saat merokok di toilet, pesawat masih berada di angkasa. Pesawat yang ditumpanginya berangkat dari Medan pukul 12.30 WIB," kata Humas PT Angkasa Pura II Cabang BIM, Fendrick Sondra, Kamis, 5 Juli 2018.

Yang bersangkutan, lanjut Fendrick, sebelumnya memang sudah mengetahui aturan atau larangan bagi seluruh penumpang untuk tidak merokok di dalam pesawat, apalagi selama penerbangan. Namun, tetap saja nekat.

Secara sistem, asap rokok akan terdeteksi oleh detektor asap yang ada di pesawat. Asap rokok juga akan sangat mengganggu sirkulasi udara didalam kabin pesawat dan dapat mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Akibat perbuatannya, Arvino terancam terkena sanksi dilarang menggunakan moda transportasi udara, terutama dari maskapai penerbangan Lion Air.

Atas perbuatan itu, Arvino membuat surat pernyataan untuk tidak lagi melakukan hal serupa di kemudian hari. Surat pernyataan dan perjanjian yang dibuat disaksikan pihak otoritas Bandara Internasional Minangkabau dan orang tua pelaku. (rpz)