Gepeng Resahkan Warga


riaupotenza.com
TANPA PENGAWALAN - Salah satu truk membawa alat berat melintas di Jalan Lintas Kulim, Kecamatan Bathin Solapan tanpa ada pengawalan dari pihak berwajib. Kondisi ini bertentangan dengan UU LLAJ.

BATHINSOLAPAN (RPZ) - Ketenangan warga Pasar Sidomulyo, Desa Boncah Mahang Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis semakin terusik. 

Pasalnya, di lokasi tersebut yang berdekatan dengan kantor Desa Boncah Mahang lama sering berkeliaran gelandang dan pengemis (gepeng).

Keadaan itu terjadi sudah tiga bulan belakangan. Padahal, di situ merupakan pemukiman warga padat penduduk. 

“Kalau malam gepeng tersebut tidur sembarangan. Kadang di teras rumah warga dan di bawah pohon,” sebut Kholizar, warga setempat yang mengaku teras rumahnya kerap menjadi tempat tidur gepeng.

Diceritakan Kholizar, saat dirinya berangkat salat subuh ke masjid yang berjarak 100 meter dari rumahnya, ia dikejutkan dengan sosok gepeng yang tidur sembarangan. 

Parahnya lagi, sambung dia, terkadang pelaku sering buang air besar sembarangan. 

Untuk itu, masyarakat sangat berharap pemerintah melalui Dinas Sosial untuk merehabilitasi gepeng dan orang tak waras yang sering berkeliaran di wilayah Bathin Solapan.

“Sudah cukup parah, bahkan yang bersangkutan juga sering melempar rumah warga pakai batu,” ungkapnya. 

Kepala UPT Dinas Sosial Mandau, Siti Harmila ketika dihubungi Posmetro Mandau menyebutkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis untuk memindahkan gepeng dan orang tak waras tersebut. 

“Keluarganya ada tidak ya? Penanganannya biasa kita bawa yang bersangkutan ke Rumah Sakit Jiwa di Tampan Pekanbaru. Sabar ya, kita koordinasi dengan Dinsos Bengkalis,” kata Siti Harmila. 

Kendati demikian, warga berharap secepatnya keberadaan orang tak waras dan gepeng itu diproses Dinas Sosial agar terurus dan tidak meresahkan masyarakat. (pmk)