Truk Bermuatan  Alat Berat Tanpa Pengawalan


riaupotenza.com
TANPA PENGAWALAN - Salah satu truk membawa alat berat melintas di Jalan Lintas Kulim, Kecamatan Bathin Solapan tanpa ada pengawalan dari pihak berwajib. Kondisi ini bertentangan dengan UU LLAJ.

BATHINSOLAPAN (RPZ) — Kendaraan pengangkut alat berat terpantau lalu lalang tanpa adanya pengawalan di Jalan Lintas Kulim, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Selasa (3/7) sore. 

Kendaraan tersebut memiliki bobot yang besar, sehingga dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan lainnya. 

Salman, warga Kulim mengaku ‘ngeri-ngeri sedap’ jika berdampingan di jalan dengan truk angkutan alat berat tersebut. 

Dia khawatir, kendaraan yang bertonase besar itu bisa membahayakan pengguna jalan lainnya, lebih-lebih tidak adanya pengawalan di depannya. 

“Kalau berpapasan di jalan atau berdampingan ngeri juga, satu mobil saja hampir memakan setengah jalan,” akunya. 

Diungkapkan dia, mobil pengangkut alat tersebut beragam, ada yang milik perusahaan dan milik pribadi. Bahkan, mobil angkutan itu acap kali melintas di jJalan Lintas Kulim saat jam-jam padat. 

“Biasanya sore dan siang, rawan sih kalau tak ada pengawalan. Tapi ada juga yang dikawal, biasanya ada mobil bak terbuka pakai bendera kecil di depannya, itu kadang-kadang,” sebutnya. 

Kasat Lantas Polres Bengkalis, AKP Ricky Michael Mandey saat konfirmasi Posmetro Mandau mengucapkan terima kasih adanya laporan dari warga tersebut.

“Terima kasih infonya, saya infokan kepada personel di lapangan,” kata Kasat Lantas Polres Bengkalis.  

Merujuk Pasal 160 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) juga diterangkan tentang aturan terkait truk angkutan tersebut. 

Menurut Pasal 162 ayat (2) UU LLAJ, kendaraan bermotor umum yang mengangkut alat berat dengan dimensi yang memenuhi dimensi yang ditetapkan dalam Pasal 19 UU LLAJ, harus mendapat pengawalan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. (pmk)